Rumah Pangsit (Pangajaran Sareng IT): Program Pembelajaran IT Berkala untuk Anak sebagai Alternatif Kegiatan Karang Taruna

  • Ghevira Syaharani Aulia Muharam Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Maulida Ilhami Zuhruful Ilmi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Silmi Aulia Rohmah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Selly Feranie Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Keywords: Informasi Teknologi, Literasi Digital, Karang Taruna

Abstract

Tim pengabdi memperkenalkan suatu paket pembelajaran IT berkala untuk anak-anak yang dinamakan Rumah Pangsit (Pengajaran sareng IT). Program ini dilaksanakan di Kecamatan Lembang, Jawa Barat untuk dijadikan salah satu kegiatan rutin Karang taruna. Program ini menggunakan pendekatan pengabdian dengan menyusun kurikulum IT sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak2 umur 5-13 tahun, mensosialisasikan program dan kurikulumnya beserta pengajarannya  kepada pemuda karang taruna, dan tidak lupa memberikan instruksi kepada pemuda/i karang taruna untuk program pembelajaran selanjutnya. Pada implementasi ini diikuti oleh 24 anak dengan kriteria penguasaan IT pada perangkat keras mouse, keyboard, dan monitor serta perangkat lunak Microsoft Word dan Paint. Setelah diadakannya program ini, anak-anak sudah familiar dan dapat mengoperasikan perangkat laptop, mouse, keyboard, dan monitor serta sudah dapat menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Paint.

References

Hamidi, F., Meshkat, M., Rezaee, M., & Jafari, M. (2011). Information technology in education. Procedia Computer Science, 3, 369-373.
Izzuddin, A., Hari Tunggal Prasetiyo, D., Ahmad Baihaqi, M., Hikmah, N., Ariyanti, D., & Aprilia, I. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Wawasan Kepada Anak Sekolah Dasar Dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. TEKIBA : Jurnal Teknologi Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 23–29. https://doi.org/10.36526/tekiba.v2i2.2249
Maylitha, E., Hikmah, S. N., & Hanifa, S. (2022). Pentingnya Information and Communication Technology bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8051–8062. https://dapo.kemdikbud.go.id/
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577.
Putri, A. S., Lestari, S. P., Ardita, D., Sari, D. L., & Aristania, Dhea, Aryantika, Y. (2022). Pelatihan Komputer Program Microsoft Office untuk Anak-Anak di Dusun 2 Banjar Harum 1 Desa Madukoro Kecamatan Kotabumi Selatan. Jurnal Abdimas, 1(2), 64–69.
Putri, H., Apriliano, A. R., Zalfa, A. R., Arimbi, A., Maharani, B., Asril, D., Faizal, Anggraini, S., Febianti, W., & Pramukty, R. (2023). Penerapan dan Pemahaman Microsoft Office untuk Anak Sekolah Dasar di Desa Srimukti. Bhinneka Tunggal Ika : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(02), 79–86.
Safitri, D. N., & Muryanti, E. (2021). Analisis Pengenalan Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Pada Masa New Normal. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 303. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.564
Published
2023-10-02
How to Cite
MUHARAM, Ghevira Syaharani Aulia et al. Rumah Pangsit (Pangajaran Sareng IT): Program Pembelajaran IT Berkala untuk Anak sebagai Alternatif Kegiatan Karang Taruna. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 108-115, oct. 2023. ISSN 2686-4347. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/JPM/article/view/7678>. Date accessed: 22 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.32332/dedikasi: jurnal pengabdian masyarakat.v5i2.7678.