PENERAPAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XII MIA SMA NEGERI 13 KABUPATEN MUARO JAMBI

Authors

  • M Hidayat Universitas jambi
  • Rahma Dani Universitas Jambi
  • Neneng Lestari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.32332/d.v2i2.2136

Keywords:

Pembelajaran, E-learning, fisika

Abstract

Beberapa permasalahan seperti minat dan motivasi belajar kurang, muncul akibat kurang bervariasinya metode dan media pembelajaran fisika di kelas XII MIA SMA Negeri 13 Kabupaten Muaro Jambi.  Guru tidak bisa melakukan pembelajaran dengan maksimal karena keterbatasan alat dan media pembelajaran. Kebanyakan konsep sesuai kurikulum  yang seharusnya ditemukan siswa melalui pendekatan induktif atau konsep yang harus dibuktikan kebenarannya oleh siswa melalui pendekatan deduktif melalui praktikum tidak bisa terlaksana karena kekurangan alat praktikum. Suatu usaha yang bisa  dilaksanakan demi mengatasi masalah-masalah di atas yaitu menerapkan suatu kegiatan proses belajar mengajar  e-learning dengan menggunakan alat alat teknologi informasi dan komunikasi.Terdapat banyak media simulasi, animasi dan video pembelajaran yang seyogyanya bisa digunakan dalam kelas untuk membantu pemahaman konsep siswa baik secara online maupun offline, baik untuk pembelajaran klasikal maupun belajar mandiri oleh siswa. Tim pengabdian kepada masyarakat memperkenalkan berbagai media pembelajaran kepada guru kelas dan siswa. Luaran yang  dicapai dalam kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman dan kompetensi guru dan siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran dan meningkatkan mutu pembelajaran fisika di kelas. 

 

Kata kunci; Pembelajaran, E-learning, fisika;..

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

04-03-2021

How to Cite

PENERAPAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XII MIA SMA NEGERI 13 KABUPATEN MUARO JAMBI. (2021). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 186-195. https://doi.org/10.32332/d.v2i2.2136

Similar Articles

1-10 of 42

You may also start an advanced similarity search for this article.