PENERAPAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XII MIA SMA NEGERI 13 KABUPATEN MUARO JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.32332/d.v2i2.2136Keywords:
Pembelajaran, E-learning, fisikaAbstract
Beberapa permasalahan seperti minat dan motivasi belajar kurang, muncul akibat kurang bervariasinya metode dan media pembelajaran fisika di kelas XII MIA SMA Negeri 13 Kabupaten Muaro Jambi. Guru tidak bisa melakukan pembelajaran dengan maksimal karena keterbatasan alat dan media pembelajaran. Kebanyakan konsep sesuai kurikulum yang seharusnya ditemukan siswa melalui pendekatan induktif atau konsep yang harus dibuktikan kebenarannya oleh siswa melalui pendekatan deduktif melalui praktikum tidak bisa terlaksana karena kekurangan alat praktikum. Suatu usaha yang bisa dilaksanakan demi mengatasi masalah-masalah di atas yaitu menerapkan suatu kegiatan proses belajar mengajar e-learning dengan menggunakan alat alat teknologi informasi dan komunikasi.Terdapat banyak media simulasi, animasi dan video pembelajaran yang seyogyanya bisa digunakan dalam kelas untuk membantu pemahaman konsep siswa baik secara online maupun offline, baik untuk pembelajaran klasikal maupun belajar mandiri oleh siswa. Tim pengabdian kepada masyarakat memperkenalkan berbagai media pembelajaran kepada guru kelas dan siswa. Luaran yang dicapai dalam kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman dan kompetensi guru dan siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran dan meningkatkan mutu pembelajaran fisika di kelas.
Kata kunci; Pembelajaran, E-learning, fisika;..
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.