Pelatihan Berbasis Kecerdasan Buatan untuk Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar

Authors

  • Abdur Rahma Purba Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah Medan
  • Rasyidin Bina Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-raudlatul Hasanah, Indonesia
  • Suwandi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-raudlatul Hasanah, Indonesia
  • Jakaria King Saud University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.10314

Abstract

Kemajuan teknologi digital, terutama kecerdasan buatan (AI), menuntut guru madrasah tingkat dasar untuk memiliki kapasitas dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan abad ke-21. Namun, kendala seperti keterbatasan fasilitas, minimnya pelatihan, dan rendahnya literasi teknologi di kalangan guru menjadi tantangan utama. Program pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi guru MIS Nurul Siti Aisyah Ishak Deli Tua melalui pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan bahan ajar berbasis AI. Kegiatan dilakukan secara partisipatif melalui lokakarya, sesi pendampingan intensif, dan kolaborasi dalam komunitas belajar. Evaluasi dilakukan melalui tes awal-akhir, observasi implementasi, dan penilaian produk ajar. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman guru mengenai AI dari 30% menjadi 65%, serta peningkatan kemampuan dalam merancang pembelajaran berbasis AI. Sebanyak 90% guru menunjukkan penguasaan tinggi terhadap pemanfaatan teknologi digital di kelas. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan kolaboratif berbasis proyek mampu meningkatkan kesiapan guru dalam menghadapi transformasi digital pendidikan. Program ini potensial untuk diterapkan di madrasah lainnya dengan penyesuaian berbasis kebutuhan lokal.

 

Kata kunci:  Kecerdasaan Buatan, Kompetensi Guru, Bahan Ajar Berbasis AI, Pelatihan Pendidikan Madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-08-2025

How to Cite

Pelatihan Berbasis Kecerdasan Buatan untuk Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar. (2025). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 225-232. https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.10314