Pelatihan Berbasis Kecerdasan Buatan untuk Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar
DOI:
https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.10314Abstract
Kemajuan teknologi digital, terutama kecerdasan buatan (AI), menuntut guru madrasah tingkat dasar untuk memiliki kapasitas dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan abad ke-21. Namun, kendala seperti keterbatasan fasilitas, minimnya pelatihan, dan rendahnya literasi teknologi di kalangan guru menjadi tantangan utama. Program pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi guru MIS Nurul Siti Aisyah Ishak Deli Tua melalui pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan bahan ajar berbasis AI. Kegiatan dilakukan secara partisipatif melalui lokakarya, sesi pendampingan intensif, dan kolaborasi dalam komunitas belajar. Evaluasi dilakukan melalui tes awal-akhir, observasi implementasi, dan penilaian produk ajar. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman guru mengenai AI dari 30% menjadi 65%, serta peningkatan kemampuan dalam merancang pembelajaran berbasis AI. Sebanyak 90% guru menunjukkan penguasaan tinggi terhadap pemanfaatan teknologi digital di kelas. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan kolaboratif berbasis proyek mampu meningkatkan kesiapan guru dalam menghadapi transformasi digital pendidikan. Program ini potensial untuk diterapkan di madrasah lainnya dengan penyesuaian berbasis kebutuhan lokal.
Kata kunci: Kecerdasaan Buatan, Kompetensi Guru, Bahan Ajar Berbasis AI, Pelatihan Pendidikan Madrasah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdur Rahma Purba, Arbonas Lubis, Ahmad Fauzi Ilyas, Sri Masyitah, Jakaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.