Pemanfaatan Pojok Baca dalam Gerakan Literasi di Desa Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu
DOI:
https://doi.org/10.32332/dedikasi:%20jurnal%20pengabdian%20masyarakat.v5i2.5401Keywords:
Membaca, literasi, pemberdayaan.Abstract
Tulisan ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan pemikiran mahasiswa dosen dan menanamkan segala ilmu yang didapat di kampus. Selain itu, kegiatan pengabdian ini juga merupakan proses pembelajaran untuk dapat hidup di tengah masyarakat dan berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat melalui pembekalan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan. Fakta di lapangan membuktikan bahwa ilmu yang diperoleh selama perkuliahan di kelas belum cukup jika dibawa ke lapangan. Seorang mahasiswa harus tetap bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Proses ini akan menghasilkan pengetahuan dan sikap yang dibutuhkan untuk bekal sosial di masa depan
Downloads
References
Andi Syahputra dan Heri Rahmatsyah Putra, “Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), At-Tanzir: Jurnal Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam 11, no. 1 (2020): 2.
Dedi Wahyudi, Nasrul Hakim, Dan Ahmad Rofii, Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Ceringin Asri Dalam Mengembangkan Potensi Desa, Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, No. 1 (202 (dedi , nasrul dan ahmad 2020): 2035.
Dharma K.B, “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar,” Journal of chemical information and modeling, Vol 53, no. 9 (2013): 1689–99.
Dhina Cahya Rohim dan Septina Rahmawati, “Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol 6, no. 3 (September 2020): 6.
Djono Djono, Implementasi Adaptasi Baru melalui KKN UNS di Era Covid 19, DEDIKASI: Community Service Reports 2, no. 2 (2020).
Djono, “Implementasi Adaptasi Baru melalui KKN UNS di Era Covid 19,” Dedikasi : Community Service Reports, Vol 2, no. 2 (2020).
Fitri Anasari, Addy Suyatno, dan Ibdah Fitri Astuti, “Sistem Pelaporan Terpadu Kuliah Kerja Nyata Berbasis Digital,” Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 10, no. 1 (Februari 2015): 12.
Imam Azhar “Ditat KKN PAR” (Jurnal IAI-TABAH)2019
Istiqomah dan Irsad Andriyanto, “Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi Kasus pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus),” Jurnal Bisnis, Vol 5, no. 2 (Desember 2017): 370.
Ni Nyoman Kartini, Putu Budi Adnyana, dan Ida Bagus Jelantik Swasta, “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa,” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, Vol 4, no. 2 (2014).
Raissa Amanda Putri dan Salsalina Br Sembiring, “Pelatihan Desain Flyer Dan Kartu Nama dengan Metode Participatory Action Research (PAR),” J-IbM : Jurnal IPTEK bagi Masyarakat, Vol 1, no. 1 (2021): 3.
Ravik Karsidi Paradigma Baru Penyuluhan Pembangunan dalam Pemberdayaan Masyarakat, (MEDIATOR, Vol. 2 No. 1, 2001), hal:119
Shofiatur Rachmah (Jurnal laporan KKN 2016)
Suawartiningsih, Implementasi PAR dalam Pendidikan Agama Islam, (Jurnal Paragdima Vol: 2, No: 1, 2015) Hal.3
Zuhrotun Nisak, “Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif,” Jurnal Ekbis, Vol 9, no. 2 (2013): 468.
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.