Optimalisasi Peran Kader Posyandu Kelompok Lansia di Desa Sumberejo Pesisir Barat

Authors

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Nasrul Hakim Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Tri Winarti Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Linda Septiyana Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/d.v3i2.3081

Keywords:

Pengabdian Masyarakat

Abstract

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan tim dosen dan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Metro di Desa Sumberejo Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat yang merupakan daerah dengan penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani kebun. Komoditas hasil bumi di sini yang paling banyak adalah pisang dan pepaya. Setelah melakukan identifikasi masalah ditemukanlah hal-hal yang menjadi fokus dari kajian tersebut. Dimana daerah ini merupakan salah satu daerah yang baru saja mengalami pemekaran dengan segala prasarana dan fasilitas yang ada terbatas bahkan belum dapat dikatakan memadai. Dari segi pendidikan tenaga medis dan lain sebagainya masih dikatakan kurang. Bahkan yang menjadi tenaga kerja pendidik dan tenaga medis kebanyakan berasal dari daerah lain atau bukan asli dari masyarakat di sini. Menurut hasil wawancara kepada salah satu warga hal tersebut terjadi sebab masyarakat di daerah ini masih sedikit kesadarannya dalam segi pendidikan. Mereka cenderung lebih memilih  bekerja di kebun yang merupakan mata pencaharian pokok masyarakat di sini. Karena hal itulah perlu adanya pengoptimalisasian kader-kader yang bergerak di bidangnya seperti kesehatan khususnya kesehatan kelompok lanjut usia (lansia). Sebab di daerah ini banyak terdapat lansia yang masih sedikit kesadaran mengenai kesehatan. Padahal sudah ada wadah dan prasarana yang disediakan melalui posyandu lansia. Peran kader sangat dibutuhkan untuk menyadarkan atau menumbuhkan kesadaran dalam diri masyarakat khususnya lansia melalui usaha optimalisasi peran kader posyandu lansia di Desa Sumberejo.

Kata Kunci: Kader posyandu, Pengoptimalan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Dedi Wahyudi, Institut Agama Islam Negeri Metro

    Dedi Wahyudi, M.Pd.I adalah seorang Dosen Metodologi Studi Islam di Institut Agama Islam Negeri Metro dengan NIP 199101032015031003. Dedi Wahyudi, M.Pd.I dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Dia mengawali pendidikannya di SD Negeri 4 Kedawung, SMP Negeri 3 Kebumen, dan SMA Negeri 2 Kebumen. Dia juga nyantri di Pondok Pesantren Miftahul Anwar Pekeyongan, Podoluhur, Klirong, Kebumen. Setelah menyelesaikan S-1 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2011) dengan predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode 1 tahun ajaran 2011-2012, dia melanjutkan studi S-2 di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan kembali meraih predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode III tahun ajaran 2013-2014 dengan IPK 3,94. Pengalaman mengajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman sejak 2012 hingga 2014. Dia juga sebagai penulis di berbagai media massa seperti Suara Merdeka, Lampung Post, Metro Riau, dan lainnya. Dia pernah mendapatkan beasiswa dari PT Djarum dan Kementerian Agama RI. Sekarang, penulis sebagai Dosen Tetap di IAIN Metro sekaligus sebagai Pengelola Jurnal LP2M IAIN Metro. Penulis aktif di www.podoluhur.blogspot.com Konsentrasi kajiannya adalah studi Islam, ilmu pendidikan, media pembelajaran, strategi pembelajaran, dan sejarah Islam. Dia mempunyai seorang istri bernama Nuryah, M.Pd.I seorang Dosen Luar Biasa di Institut Agama Islam Negeri Metro dan dikaruniai seorang putri bernama Nadya Fatiha Rahma.

Downloads

Published

16-12-2021

How to Cite

Optimalisasi Peran Kader Posyandu Kelompok Lansia di Desa Sumberejo Pesisir Barat. (2021). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 189-198. https://doi.org/10.32332/d.v3i2.3081

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>