Pemberdayaan Masyarakat Masa Pandemi COVID-19 di Desa Sumberejo Pesisir Barat

Authors

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Nasrul Hakim Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Wiwik Handayani Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Aliyandi Aliyandi Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/d.v3i1.3080

Keywords:

Pengabdian Masyarakat

Abstract

Abstrak

Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa berada di Desa Sumberejo Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat. Selain melakukan kegiatan pengabdian juga menggali potensi yang ada di desa tersebut. Tim pengabdian berbaur dengan masyarakat dan mengikuti peraturan-peraturan yang ada di desa. Masa pandemi seperti sekarang mempersulit semua lini mulai dari kebutuhan sosial maupun kebutuhan ekonomi yang sangat dekat dengan kebutuhan masyarakat, maka perlu pendalaman dan analisis yang cukup tajam terhadap permasalahan ini. Mayoritas masyarakat Desa Sumberejo memenuhi kebutuhan ekonomi dengan bercocok tanam seperti pisang, jagung, pepaya, kelapa, cabai, serta hasil bumi lainnya. Dalam hal ini dibutuhkannya suatu usaha diseminasi aturan, pelatihan soft skill, edukasi dalam mendistribusikan semua hasil cocok tanam sehingga masih tetap pada norma sosial, agama, hukum, dan tidak dirugikan pihak agen maupun pengecer dagangan.

Kata Kunci: Pengabdian Masyarakat, Peraturan, dan Hukum Ekonomi Syariah

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Dedi Wahyudi, Institut Agama Islam Negeri Metro

    Dedi Wahyudi, M.Pd.I adalah seorang Dosen Metodologi Studi Islam di Institut Agama Islam Negeri Metro dengan NIP 199101032015031003. Dedi Wahyudi, M.Pd.I dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Dia mengawali pendidikannya di SD Negeri 4 Kedawung, SMP Negeri 3 Kebumen, dan SMA Negeri 2 Kebumen. Dia juga nyantri di Pondok Pesantren Miftahul Anwar Pekeyongan, Podoluhur, Klirong, Kebumen. Setelah menyelesaikan S-1 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2011) dengan predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode 1 tahun ajaran 2011-2012, dia melanjutkan studi S-2 di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan kembali meraih predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode III tahun ajaran 2013-2014 dengan IPK 3,94. Pengalaman mengajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman sejak 2012 hingga 2014. Dia juga sebagai penulis di berbagai media massa seperti Suara Merdeka, Lampung Post, Metro Riau, dan lainnya. Dia pernah mendapatkan beasiswa dari PT Djarum dan Kementerian Agama RI. Sekarang, penulis sebagai Dosen Tetap di IAIN Metro sekaligus sebagai Pengelola Jurnal LP2M IAIN Metro. Penulis aktif di www.podoluhur.blogspot.com Konsentrasi kajiannya adalah studi Islam, ilmu pendidikan, media pembelajaran, strategi pembelajaran, dan sejarah Islam. Dia mempunyai seorang istri bernama Nuryah, M.Pd.I seorang Dosen Luar Biasa di Institut Agama Islam Negeri Metro dan dikaruniai seorang putri bernama Nadya Fatiha Rahma.

Downloads

Published

03-07-2021

How to Cite

Pemberdayaan Masyarakat Masa Pandemi COVID-19 di Desa Sumberejo Pesisir Barat. (2021). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 43-58. https://doi.org/10.32332/d.v3i1.3080

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>