Pendampingan Penggunaan Digitalisasi Hadis Berbasis IT Pada Siswa MAN Kota Langsa, Aceh
DOI:
https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.10378Abstract
Artikel ini membahas tentang pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui pendampingan penggunaan digitalisasi hadis berbasis IT bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Langsa. Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran agama menjadi sangat relevan, terutama dalam upaya memperkenalkan dan mendalami hadis. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap hadis melalui platform digital yang interaktif dan edukatif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi pelatihan penggunaan aplikasi hadis, penyediaan materi pembelajaran digital, serta diskusi kelompok untuk membahas penerapan hadis dalam kehidupan sehari-hari yang diperuntukan kepada 37 siswa MAN Kota Langsa. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat dan pemahaman siswa terhadap studi hadis dengan peningkatan 30% dari nilai awal pre-test dan post-test. Selain itu, siswa juga menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam menggunakan teknologi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka. Temuan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengembangan program serupa di sekolah-sekolah lain, sehingga digitalisasi pembelajaran hadis dapat lebih luas diimplementasikan.
Kata kunci: digitalisasi; hadis; teknologi informasi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mulizar Mulizar, Nur Raihan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.