Pendampingan Penggunaan Digitalisasi Hadis Berbasis IT Pada Siswa MAN Kota Langsa, Aceh

Authors

  • Mulizar Mulizar IAIN Langsa
  • Nur Raihan University of Malaya, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.10378

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui pendampingan penggunaan digitalisasi hadis berbasis IT bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Langsa. Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran agama menjadi sangat relevan, terutama dalam upaya memperkenalkan dan mendalami hadis. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap hadis melalui platform digital yang interaktif dan edukatif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi pelatihan penggunaan aplikasi hadis, penyediaan materi pembelajaran digital, serta diskusi kelompok untuk membahas penerapan hadis dalam kehidupan sehari-hari yang diperuntukan kepada 37 siswa MAN Kota Langsa. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam minat dan pemahaman siswa terhadap studi hadis dengan peningkatan 30% dari nilai awal pre-test dan post-test. Selain itu, siswa juga menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam menggunakan teknologi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka. Temuan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pengembangan program serupa di sekolah-sekolah lain, sehingga digitalisasi pembelajaran hadis dapat lebih luas diimplementasikan.

Kata kunci:  digitalisasi; hadis; teknologi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-09-2025

How to Cite

Pendampingan Penggunaan Digitalisasi Hadis Berbasis IT Pada Siswa MAN Kota Langsa, Aceh. (2025). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 233-248. https://doi.org/10.32332/dedikasi.v7i2.10378