Peningkatan Pembelajaran Biologi Melalui Contoh-Contoh Kontekstual Bagi Guru-Guru MGMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Jambi-Indonesia

  • Ali Sadikin Universitas Jambi
  • Asni Johari Universitas Jambi
  • Tedjo Sukmono Universitas Jambi
  • Muhammad Erick Sanjaya Universitas Jambi
  • Desfaur Natalia Universitas Jambi

Abstract

Berdasarkan survey di MGMP Biologi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat diperoleh data bahwa guru-guru biologi disana mengalami kesulitan dalam membuat perangkat pembelajaran biologi yang berbasis contoh-contoh kontekstual. Maka dari itu tim pengabdian FKIP Universitas Jambi merasa terpanggil untuk membantu guru-guru biologi tersebut. Metode pelatihan yang akan dilaksanakan di MGMP Tanjung jabung Barat adalah mengindentifikasi materi-materi biologi yang memerlukan contoh-contoh kontekstual. Kemudian mendesain pembelajaran biologi dengan memasukkan contoh-contoh kontekstual. Memberikan ketrampilan mengindentifikasi contoh-contoh kontekstual yang dapat dijadikan media yang ada dilingkungan sekitar. Mengevaluasi ketercapaian peningkatan pembelajaran biologi melalui contoh-contoh kontekstual. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 31 juli 2019 bertempat di SMA N 1 Tanjung jabung barat. Diikuti oleh 20 orang guru biologi yang tergabung dalam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Biologi. Kegiatan PPM ini dibuka oleh Ketua MGMP Tanjung Jabung barat dan dihadiri oleh Kepala SMA N 1 Tanjung Jabung Barat. Dalam kegiatan ini diikuti secara antusias oleh guru-guru biologi. Materi disampaikan oleh bapak Ali sadikin, M.Pd tentang peningkatan pembelajaran biologi melalui contoh-contoh kontekstual. Diawali dengan materi pendekatan pembelajaran kontekstual secara umum kemudian lebih ditekankan pada learning comunity yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran kontekstual. Disini guru sangat antusias karena guru diajarkan bagaimana mencari literasi dengan sci-hub, dan pdf drive. Guru sangat mengikuti dan bertanya tentang bagaimana menggunakan sci-hub untuk mencari jurnal internasional dan nasional. Ditambah penggunaan pdf drive untuk mencari buku-buku elektronik secara gratis tanpa perlu membeli. Guru-guru mengikuti kegiatan pengabdian ini sampai selesai dan berharap tahun depan diadakan lagi.


 


Kata kunci: Pendakatan Kontekstual, Guru, MGMP

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-19
How to Cite
SADIKIN, Ali et al. Peningkatan Pembelajaran Biologi Melalui Contoh-Contoh Kontekstual Bagi Guru-Guru MGMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Jambi-Indonesia. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 64-73, dec. 2019. ISSN 2686-4347. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1689>. Date accessed: 25 jan. 2022.