Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris
Abstract
Di era milenial sekarang ini, banyak harapan dan tuntutan kepada guru. Hal ini dapat dimaklumi karena guru memiliki peran tidak hanya sebagai penyampai ilmu melainkan juga berperan sebagai motor penggerak dan fasilitator (learning facilitator) dalam kegiatan belajar-mengajar. Guru sebagai pengembang dan penerus peradaban harus menanamkan nilai (value) dan membangun karakter (character building) peserta didik secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Sebagai motor penggerak jalannya pembelajaran di sekolah dengan tetap berpedoman dengan UU dan sistem pendidikan yang berlaku. Guru harus memiliki kemampuan literasi mengenai penggunaan IT yang memadai sekaligus memiliki kemampuan mengendalikan penggunaannya secara bijak dan kolegial kepada peserta didik. Dalam kaitan dengan hal tersebut, guru diharapkan memiliki ilmu pengetahuan yang banyak dan luas sebagai upaya untuk memudahkan penyampaian dalam proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Di samping itu, guru diharapkan bukan hanya memiliki ilmu pengetahuan yang banyak akan tetapi mengetahui pula kebutuhan, masalah dan kemampuan yang dimiliki peserta didik.
Kata kunci: peran guru, kompetensi, profesionalisme
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.