Penguatan Pembelajaran Matematika Geometri di SD/MI Berbasis MBNK (Matematika Berwawasan Nasionalisme dan Kemandirian)
DOI:
https://doi.org/10.32332/d.v4i1.4456Keywords:
Pengabdian Masyarakat, Geogebra, Geometri MBNK.Abstract
Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat bertema penguatan pembelajaran matematika geometri di SD/MI Berbasis MBNK (Matematika Berwawasan Nasionalisme dan Kemandirian mencakup empat kegiatan, yaitu: Pertama, Pengenalan dan sosialisasi aplikasi geometri MBNK, Kedua, Pembahasan materi geometrid an soal-soal geometri MBNK, Ketiga, Pengembangan LKS Geometri MBNK, dan Keempat, Pelatihan penggunaan aplikasi geogebra . Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: ceramah, demonstrasi, praktik langsung, tanya jawab, dan penugasan. Program berlangsung selama empat kali tatap muka secara bertahap dan berkelanjutan. Peserta yang mengikuti program sebanyak 40 guru SD dan MI di Kabupaten Pekalongan. Program pemberdayaan peningkatan kapasitas guru ini berdampak positif kepada guru SD/MI di Kabupaten Pekalongan. Sebelum diadakan kegiatan workshop, guru merasa kewalahan dan jenuh dalam pembelajaran daring selama masa pandemi. Guru belum mahir dalam menggunakan aplikasi dalam pembelajaran matematika. Setelah diadakan kegiatan dan diadakan evaluasi, guru menjadi lebih bersemangat dalam pembelajaran daring. Kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi pemebalajran matematika salah satunya geogebra menjadi meningkat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.