Penguatan Pembelajaran Matematika Geometri di SD/MI Berbasis MBNK (Matematika Berwawasan Nasionalisme dan Kemandirian)

Authors

  • Santika Lya Diah Pramesti IAIN PEKALONGAN
  • Juwita Rini IAIN Pekalongan
  • Heni Lilia Dewi IAIN Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.32332/d.v4i1.4456

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Geogebra, Geometri MBNK.

Abstract

Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat bertema penguatan pembelajaran matematika geometri di SD/MI Berbasis MBNK (Matematika Berwawasan Nasionalisme dan Kemandirian mencakup empat kegiatan, yaitu: Pertama, Pengenalan dan sosialisasi aplikasi geometri MBNK, Kedua, Pembahasan materi geometrid an soal-soal geometri MBNK, Ketiga, Pengembangan LKS Geometri MBNK, dan Keempat, Pelatihan penggunaan aplikasi geogebra . Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: ceramah, demonstrasi, praktik langsung, tanya jawab, dan penugasan. Program berlangsung selama empat kali tatap muka secara bertahap dan berkelanjutan. Peserta yang mengikuti program sebanyak 40 guru SD dan MI di Kabupaten Pekalongan. Program pemberdayaan peningkatan kapasitas guru ini berdampak positif kepada guru SD/MI di Kabupaten Pekalongan. Sebelum diadakan kegiatan workshop, guru merasa kewalahan dan jenuh dalam pembelajaran daring selama masa pandemi. Guru belum mahir dalam menggunakan aplikasi dalam pembelajaran matematika. Setelah diadakan kegiatan dan diadakan evaluasi, guru menjadi lebih bersemangat dalam pembelajaran daring. Kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi pemebalajran matematika salah satunya geogebra menjadi meningkat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-05-2022

How to Cite

Penguatan Pembelajaran Matematika Geometri di SD/MI Berbasis MBNK (Matematika Berwawasan Nasionalisme dan Kemandirian). (2022). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 26-32. https://doi.org/10.32332/d.v4i1.4456

Similar Articles

11-20 of 68

You may also start an advanced similarity search for this article.