OPTIMALISASI PENGELOLAAN LABORATORIUM BIOLOGI BAGI GURU-GURU MGMP DI TANJUNG JABUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.32332/d.v2i2.2292Keywords:
Optimalisasi, Laboratorium BiologiAbstract
Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah membuka wawasan guru-guru dalam mengoptimalkan Pengelolaan Laboratorium di seluruh sekolah SMAN/MAS/MAN yang terhimpun dalam MGMP. Seperti diketahui bahwa MGMP di Tanjung Jabung Barat di bentuk untuk mewadahi seluruh guru-guru dalam meningkatkan keprofesionalan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keprofesional guru dalam mengelola laboratorium yang tersedia atau tidak tersedia saat pelaksanaan praktikum bagi peserta didiknya. Pengelolaan Laboratorium memiliki fungsi yang penting dalam pembelajaran : membangun pemahaman konsep siswa sekaligus pembuktian teori, menumbuhkan keterampilan dasar ilmiah mencakup kegiatan afektif, psikomotorik dan kognitif. Demikian pentingnya peran laboratorium tersebut maka diperlukan suatu perencanaan, pengoperasian, pemeliharaan, pengevaluasian dan pengembangan laboratorium di sekolah agar fungsi laboratorium dapat tercapai, dan peserta didik mendapatkan pengamalam konstekstual di laboratorium.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.