Optimalisasi Kemampuan Menulis Arab: Peningkatan Keterampilan Mengajar melalui Pelatihan Menulis Cepat bagi Pendidik PAUD Imtiyaz
DOI:
https://doi.org/10.32332/dedikasi:%20jurnal%20pengabdian%20masyarakat.v5i2.7600Keywords:
PAUD, Pelatihan menulis Arab, ABCD, PAR.Abstract
Artikel ini mengeksplorasi peningkatan kemampuan mengajar pengajar PAUD di sekolah Imtiyaz melalui pelatihan menulis huruf Arab dengan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (ABCD) dan Pendekatan Penelitian Tindakan Partisipatif (PAR). Metode pengumpulan data observasi dan wawancara dengan pengajar sebelum dan setelah pelatihan. Data dianalisis dengan menghitung persentase perubahan dalam variabel seperti kemampuan menulis huruf Arab, , serta keterlibatan dan metode pengajaran pengajar. Hasil temuan penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pengajar untuk menulis huruf Arab (peningkatan 50%) dan penggunaan materi pembelajaran yang lebih menarik (peningkatan 166.67%). Di sisi lain, meningkatkan keterlibatan pengajar dalam berinteraksi dengan siswa (peningkatan 250%) dan penggunaan metode pengajaran yang lebih interaktif (peningkatan 80%).
Downloads
References
Darmawan, D. (2020). Karakteristik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. STIKIP Muhammadiyah Bogor, 5–6. http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/s894m
Efendi, N. (2013). Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching Berpotensi Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.49
Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Librianty, H. D., & Syarif, M. (2014). Bercakap-Cakap Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 8 E, 1–8.
Lubis, H. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Profesional. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 16–19. https://doi.org/10.30743/best.v1i2.788
Muliyah, P., & Fernando, F. (2019). Pelatihan pengenalan Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini melalui Igra. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20–36.
Muzayin, A., & Sugiharyati, M. F. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini. Semnasbama: Seminar Naional Bahasa Arab Mahasiswa, 11(1), 99–114. http://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/768/718
Nurcholis, A., & Hidayatullah, S. I. (2019). Tantangan Bahasa Arab sebagai Alat Komunikasi di Era Revolusi Industri 4.0 pada Pascasarjana IAIN Tulungagung. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 283. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.999
Nurpuspitasari, D., Sumardi, S., Hidayat, R., & Harijanto, S. (2019). Efektivitas Pembelajaran Ditinjau Dari Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 762–769. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.962
Priyono, D. (2018). Sinergi Keluarga dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas. Seminar Nasional Dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas,” 12–16.
Saepuddin, M. P. (2012). Pembelajaran keterampilan berbahasa Teori dan Aplikasi. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab, 3.
Senny, M. H., Wijayaningsih, L., & Kurniawan, M. (2018). Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen PAUD di Kecamatan Sidorejo Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 197–209. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p197-209
Shodiq, M. J. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Aktif-Inovatif Berbasis Multiple Intelligences. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 125–148. https://doi.org/10.14421/almahara.2018-041-07
Sihotang, Nurfin, A. S. D. (2019). Pembelajaran Nahwu dan Shorf Melalui Metode Pembelajaran Interaktif dan Partisipatif (Studi Kasus Semester IV Jurusan PBA IAIN Padang Sidimpuan). Laporan Penelitian, 1–81. http://repo.uinsyahada.ac.id/573/1/24.-Nurfin-Sihotang.pdf
Simanjuntak, G. M., Widyana, R., & Astuti, K. (2020). Pembelajaran Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Pada Anak Usia Pra-Sekolah. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 51–54. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.21082
Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 37–45. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.48
Syaifullah. (2022). Pelatihan Keterampilan Berpidato pada Santri TPA Masjid An-Nur Malangjiwan. DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 164–170.
Wahyudi, D., Sugeng, A., Hayati, D. K., Anggraini, S. D., Anggraeni, A., & Fatimah, N. A. (2022). Program Bimbingan Belajar Keagamaan Islam: Pendekatan Participatory Action Research. DEDIKASI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 155–163.
Waluyanti, S., & Sunarto Sunarto. (2014). ANALISIS KEBUTUHAN MATERI PENGEMBANGAN PROFESIONALISME BERKELANJUTAN GURU SMK TEKNIK AUDIO VIDEO. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(1).
Waspodo, M. (2017). Pengembangan Profesional Berkelanjutan Bagi Guru Paud. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 7(1), 77–81. https://doi.org/10.21009/jiv.0701.7
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.