Workshop Model Pembelajaran Biologi Bagi Guru-Guru MGMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Jambi-Indonesia

  • Afreni Hamidah Universitas Jambi
  • Ali Sadikin Universitas Jambi
  • Muhammad Erick Sanjaya Universitas Jambi
  • Mia Aina Universitas Jambi
  • Desfaur Natalia Universitas Jambi
Keywords: Workshop, Model Pembelajaran, MGMP,

Abstract

Berdasarkan wawancara MGMP Biologi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat diketahui bahwa guru-guru biologi disana masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) dan minat belajar siswa terhadap pelajaran biologi masih belum memuaskan. Rendahnya minat dan hasil belajar biologi dapat disebabkan oleh banyak faktor, kurangnya buku pelajaran biologi yang menarik minat siswa, tidak ada buku referensi lain yang mendukung pemahaman siswa di perpustakaan, ketiadaan pelatihan dan pendidikan bagi guru, sarana prasarana yang tidak memadai dan cara guru menyajikan pembelajaran biologi yang tidak menarik dan membosankan. Maka dari itu tim Tim Pengabdian Pada Masyarakat dari Program studi Pendidikan Biologi tergerak untuk ikut berperan serta mewujudkan upaya memenuhi kebutuhan tersebut dengan melakukan workshop model pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan guru-guru biologi dalam mengembangkan model pembelajaran dan berkomunikasi.  Prosedur kegiatan yang akan dilaksanakan di MGMP Tanjung jabung Barat adalah melakukan workshop model pembelajaran biologi yang berkonsep student centered. Kemudian mendesain model pembelajaran biologi yang sesuai. Mengevaluasi ketercapaian peningkatan pembelajaran biologi dengan proses mengajar menggunakan model pembelajaran student centered. Kegiatan PPM dilakukan pada tanggal 31 Juli 2019 di SMA N 1 Tanjung Jabung Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang guru biologi yang tergabung dalam MGMP Tanjung Jabung Barat. Kegiatan ini berlangsung lancar dan diikuti dengan antusias oleh peserta pelatihan. Guru biologi mendapatkan pengetahuan tentang model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Meliputi model Discovery Learning, Project-based Learning, Group Investigation, Problem-based Learning, dan Inquiry learning. Model-model pembelajaran tersebut diseusaikan dengan pendekatan saintifik yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.

Published
2019-12-22
How to Cite
HAMIDAH, Afreni et al. Workshop Model Pembelajaran Biologi Bagi Guru-Guru MGMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Jambi-Indonesia. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 171-197, dec. 2019. ISSN 2686-4347. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/JPM/article/view/1691>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1691.

Most read articles by the same author(s)