Rumah Pangsit (Pangajaran Sareng IT): Program Pembelajaran IT Berkala untuk Anak sebagai Alternatif Kegiatan Karang Taruna
DOI:
https://doi.org/10.32332/dedikasi:%20jurnal%20pengabdian%20masyarakat.v5i2.7678Keywords:
Informasi Teknologi, Literasi Digital, Karang TarunaAbstract
Tim pengabdi memperkenalkan suatu paket pembelajaran IT berkala untuk anak-anak yang dinamakan Rumah Pangsit (Pengajaran sareng IT). Program ini dilaksanakan di Kecamatan Lembang, Jawa Barat untuk dijadikan salah satu kegiatan rutin Karang taruna. Program ini menggunakan pendekatan pengabdian dengan menyusun kurikulum IT sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak2 umur 5-13 tahun, mensosialisasikan program dan kurikulumnya beserta pengajarannya kepada pemuda karang taruna, dan tidak lupa memberikan instruksi kepada pemuda/i karang taruna untuk program pembelajaran selanjutnya. Pada implementasi ini diikuti oleh 24 anak dengan kriteria penguasaan IT pada perangkat keras mouse, keyboard, dan monitor serta perangkat lunak Microsoft Word dan Paint. Setelah diadakannya program ini, anak-anak sudah familiar dan dapat mengoperasikan perangkat laptop, mouse, keyboard, dan monitor serta sudah dapat menggunakan aplikasi Microsoft Word dan Paint.
Downloads
References
Izzuddin, A., Hari Tunggal Prasetiyo, D., Ahmad Baihaqi, M., Hikmah, N., Ariyanti, D., & Aprilia, I. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Wawasan Kepada Anak Sekolah Dasar Dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. TEKIBA : Jurnal Teknologi Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 23–29. https://doi.org/10.36526/tekiba.v2i2.2249
Maylitha, E., Hikmah, S. N., & Hanifa, S. (2022). Pentingnya Information and Communication Technology bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8051–8062. https://dapo.kemdikbud.go.id/
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis literasi digital tenaga pendidik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577.
Putri, A. S., Lestari, S. P., Ardita, D., Sari, D. L., & Aristania, Dhea, Aryantika, Y. (2022). Pelatihan Komputer Program Microsoft Office untuk Anak-Anak di Dusun 2 Banjar Harum 1 Desa Madukoro Kecamatan Kotabumi Selatan. Jurnal Abdimas, 1(2), 64–69.
Putri, H., Apriliano, A. R., Zalfa, A. R., Arimbi, A., Maharani, B., Asril, D., Faizal, Anggraini, S., Febianti, W., & Pramukty, R. (2023). Penerapan dan Pemahaman Microsoft Office untuk Anak Sekolah Dasar di Desa Srimukti. Bhinneka Tunggal Ika : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(02), 79–86.
Safitri, D. N., & Muryanti, E. (2021). Analisis Pengenalan Literasi Digital Bagi Anak Usia Dini Pada Masa New Normal. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 303. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.564
Downloads
Published
Issue
Section
License
All articles in the DEDIKASI can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (DEDIKASI). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.