PENINGKATAN KAPASITAS GURU MATEMATIKA KABUPATEN PEKALONGAN MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

Authors

  • Santika Lya Diah Pramesti IAIN PEKALONGAN
  • Juwita Rini IAIN Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1665

Keywords:

PTK, Matematika, Pengabdian masyarakat

Abstract

Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat bertema peningkatan kapasitas guru di Kabupaten Pekalongan melalui penulisan karya tulis ilmiah mencakup dua kegiatan, yaitu: Program Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Program Pelatihan Teknik Analisis Data Menggunakan SPSS. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: ceramah, demonstrasi, praktik langsung, tanya jawab, dan penugasan. Program berlangsung selama lima kali tatap muka secara bertahap dan berkelanjutan. Peserta yang mengikuti program sebanyak 20 guru matematika SMP/MTs/SMA/SMK di Kabupaten Pekalongan. Program pemberdayaan peningkatan kapasitas guru ini berdampak positif kepada guru matematika SMP/MTs/SMA/SMK di Kabupaten Pekalongan. Sebelum diadakan kegiatan workshop, mereka tidak tertarik dan tidak bersemangat untuk menulis karya tulis ilmiah. Guru tidak menguasai teknik analisis data menggunakan program SPSS. Setelah diadakan kegiatan dan diadakan evaluasi, guru menjadi lebih berminat dan bersemangat menulis karya tulis ilmiah dalam bentuk PTK. Guru memiliki kemampuan uji analisis data penelitian menggunakan SPSS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

24-12-2019

How to Cite

PENINGKATAN KAPASITAS GURU MATEMATIKA KABUPATEN PEKALONGAN MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH. (2019). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 219-234. https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1665

Similar Articles

41-50 of 71

You may also start an advanced similarity search for this article.