JUAL BELI DENGAN KONSEP ALL YOU CAN EAT DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH

  • Fredy Gandi Midhia Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

 Jual  beli merupakan kegiatan muamalah yang paling sering dilakukan masyarakat. Salah satunya Jual beli makanan model all you can eat. Salah satu jual beli yang paling sering dilakukan adalah jual beli makanan. Dalam hal ini peneliti mengkaji jual beli makanan dengan konsep all you can eat di resto Encim Gendut perspektif fiqih muamalah. penelitian ini dilakukan atas dasar fenomena prasurvei yang menunjukan adanya ketidakjelasan pada objek jual beli tersebut, yakni makanan.  Tidak bisa dipastikan berapa takaran atau banyak yang dimakan oleh pembeli.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif analitik dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu pemilik resto Encim Gedut dan Pengunjung resto Encim Gendut. Sumber data sekunder penelitian ini meliputi buku, artikel, jurnal, dan sumber- sumber lainya.  Sedangka teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatf dengan pendekatan berfikir induktif.Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ditinjau dari perspektif jual beli dalam fiqih muamalah, pelaksanaan jual beli makanan dengan konsep All You Can Eat di resto Encim Gendut telah memenuhi rukun yaitu terdapat aqidain, shigat, dan ma’qud ‘alaih. Syarat aqidain dan shigat telah terpenuhi hanya saja dalam syarat ma’qud ‘alaih terdapat salah satu poin yang tidak terpenuhi yaitu objek jual beli atau barang harus diketahui jumlah, ukuran, dan takarannya sehingga diindikasi mengandung unsur gharar. Sekalipun demikian ghararnya termasuk ke dalam gharar yasir yaitu gharar ringan yang dapat dimaafkaan sehingga jual beli All You Can Eat ini masih diperbolehkan. Jual beli dengan konsep All You Can Eat ini juga telah memenuhi prinsip-prinsip muamalah yaitu tidak ada dalil yang mengharamkannya, didasarkan suka sama suka, dan mendatangkan maslahat.

References

Agus Triyanta. “Gharar Dan Penghidaranya,.” Jurnal Hukum Ius Quia Iustum Vol. 17, no. No. 4 (2010).
Ahmad Azhar Basyir. Asas-Asas Muamalat. Yogyakarta: UII Press, 2017.
David Fandi Wahjoedin, Andereas Pandu Setiawan, dan Jl Siwalankerto. “Interior Restoran All You Can Eat Jepang di Surabaya” Vol. 2, no. No. 2 (2014).
Husnul Khatimah. Praktik Jual Beli Tanpa Pencantuman Harga Makanan Menurut Fiqih Muamalah, t.t.
Imam Mustofa. Fiqih Muamalah Kontemporer. Depok: Rajawali Pers, 2018.
Misra Madjid. “Praktek Jual Beli Gharar dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Desa Kayumoyondi Kecamatan Kotabunan,.” Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah Vol. 3, no. No. 1 (2016).
Muh Fudhail Rahman. “Hakekat dan Batasan-Batasan Gharar Dalam Transaksi Maliyah.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i Vol. 5, no. No. 3 (2018).
Muhammad Yunus, Fahmi Fatwa Rosyadi Satria Hamdani, dan Gusti Khairina Shofia. “Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Akad Jual Beli Dalam Transaksi Online Pada AplikasiI Go-Food.” Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 2, no. No. 1 (2018).
Muhibbuddin. “Credit: An Islamic Law Perspective.” Al-Mizan Vol. 13, no. No. 2 (2017).
Siswadi. “Jual Beli Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Ummul Qura Vol. 2, no. No. III (2013).
St. Salehah Madjid,. “Prinsip-Prinsip (Asas-Asas) Muamalah.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Vol. 2, no. No. 1 (2018).
Wati Susiawati. “Jual Beli Dalam Konteks Kekinian.” Jurnal Ekonomi Islam Vol. 2, no. No. 8 (2017).
Ya-Hui Wang dan Li-Hui Lin. “Why Consumers Go to All-You-Can-Eat Buffets?” Journal of Business Vol. 4, no. No. 4 (2017).
Published
2022-06-15
How to Cite
MIDHIA, Fredy Gandi. JUAL BELI DENGAN KONSEP ALL YOU CAN EAT DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH. Mu’amalah Jurnal Hukum Ekonomi Syari’ah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 39-52, june 2022. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/muamalah/article/view/5000>. Date accessed: 16 aug. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.