Pemanfaatan Pojok Baca dalam Gerakan Literasi di Desa Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Nuryah Nuryah Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Erna Wati Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Erisma Akas Riyani Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Diah Ayu Anggraini Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
Keywords: Membaca, literasi, pemberdayaan.

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan pemikiran mahasiswa dosen dan menanamkan segala ilmu yang didapat di kampus. Selain itu, kegiatan pengabdian ini juga merupakan proses pembelajaran untuk dapat hidup di tengah masyarakat dan berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat melalui pembekalan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan. Fakta di lapangan membuktikan bahwa ilmu yang diperoleh selama perkuliahan di kelas belum cukup jika dibawa ke lapangan. Seorang mahasiswa harus tetap bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Proses ini akan menghasilkan pengetahuan dan sikap yang dibutuhkan untuk bekal sosial di masa depan

References

Ahmad Ulil Albab Al Umar dkk., “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 (Studia Kasus IAIN Salatiga KKN 2021,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 01, no. 01 (Januari 2021): 40.
Andi Syahputra dan Heri Rahmatsyah Putra, “Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), At-Tanzir: Jurnal Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam 11, no. 1 (2020): 2.
Dedi Wahyudi, Nasrul Hakim, Dan Ahmad Rofii, Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Ceringin Asri Dalam Mengembangkan Potensi Desa, Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, No. 1 (202 (dedi , nasrul dan ahmad 2020): 2035.
Dharma K.B, “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar,” Journal of chemical information and modeling, Vol 53, no. 9 (2013): 1689–99.
Dhina Cahya Rohim dan Septina Rahmawati, “Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol 6, no. 3 (September 2020): 6.
Djono Djono, Implementasi Adaptasi Baru melalui KKN UNS di Era Covid 19, DEDIKASI: Community Service Reports 2, no. 2 (2020).
Djono, “Implementasi Adaptasi Baru melalui KKN UNS di Era Covid 19,” Dedikasi : Community Service Reports, Vol 2, no. 2 (2020).
Fitri Anasari, Addy Suyatno, dan Ibdah Fitri Astuti, “Sistem Pelaporan Terpadu Kuliah Kerja Nyata Berbasis Digital,” Jurnal Informatika Mulawarman, Vol 10, no. 1 (Februari 2015): 12.
Imam Azhar “Ditat KKN PAR” (Jurnal IAI-TABAH)2019
Istiqomah dan Irsad Andriyanto, “Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi Kasus pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus),” Jurnal Bisnis, Vol 5, no. 2 (Desember 2017): 370.
Ni Nyoman Kartini, Putu Budi Adnyana, dan Ida Bagus Jelantik Swasta, “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Siswa,” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, Vol 4, no. 2 (2014).
Raissa Amanda Putri dan Salsalina Br Sembiring, “Pelatihan Desain Flyer Dan Kartu Nama dengan Metode Participatory Action Research (PAR),” J-IbM : Jurnal IPTEK bagi Masyarakat, Vol 1, no. 1 (2021): 3.
Ravik Karsidi Paradigma Baru Penyuluhan Pembangunan dalam Pemberdayaan Masyarakat, (MEDIATOR, Vol. 2 No. 1, 2001), hal:119
Shofiatur Rachmah (Jurnal laporan KKN 2016)
Suawartiningsih, Implementasi PAR dalam Pendidikan Agama Islam, (Jurnal Paragdima Vol: 2, No: 1, 2015) Hal.3
Zuhrotun Nisak, “Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif,” Jurnal Ekbis, Vol 9, no. 2 (2013): 468.
Published
2023-10-03
How to Cite
WAHYUDI, Dedi et al. Pemanfaatan Pojok Baca dalam Gerakan Literasi di Desa Pandansari Selatan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 134-141, oct. 2023. ISSN 2686-4347. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/JPM/article/view/5401>. Date accessed: 22 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.32332/dedikasi: jurnal pengabdian masyarakat.v5i2.5401.