Penguatan Pembelajaran Matematika Geometri di SD/MI Berbasis MBNK (Matematika Berwawasan Nasionalisme dan Kemandirian)

  • Santika Lya Diah Pramesti IAIN PEKALONGAN
  • Juwita Rini IAIN Pekalongan
  • Heni Lilia Dewi IAIN Pekalongan

Abstract

Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat bertema penguatan pembelajaran matematika geometri di SD/MI Berbasis MBNK (Matematika Berwawasan Nasionalisme dan Kemandirian mencakup empat kegiatan, yaitu: Pertama, Pengenalan dan sosialisasi aplikasi geometri MBNK, Kedua, Pembahasan materi geometrid an soal-soal geometri MBNK, Ketiga, Pengembangan LKS Geometri MBNK, dan Keempat, Pelatihan penggunaan aplikasi geogebra . Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: ceramah, demonstrasi, praktik langsung, tanya jawab, dan penugasan. Program berlangsung selama empat kali tatap muka secara bertahap dan berkelanjutan. Peserta yang mengikuti program sebanyak 40 guru SD dan MI di Kabupaten Pekalongan. Program pemberdayaan peningkatan kapasitas guru ini berdampak positif kepada guru SD/MI di Kabupaten Pekalongan. Sebelum diadakan kegiatan workshop, guru merasa kewalahan dan jenuh dalam pembelajaran daring selama masa pandemi. Guru belum mahir dalam menggunakan aplikasi dalam pembelajaran matematika. Setelah diadakan kegiatan dan diadakan evaluasi, guru menjadi lebih bersemangat dalam pembelajaran daring. Kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi pemebalajran matematika salah satunya geogebra menjadi meningkat.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-31
How to Cite
PRAMESTI, Santika Lya Diah; RINI, Juwita; DEWI, Heni Lilia. Penguatan Pembelajaran Matematika Geometri di SD/MI Berbasis MBNK (Matematika Berwawasan Nasionalisme dan Kemandirian). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 26-32, may 2022. ISSN 2686-4347. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/4456>. Date accessed: 19 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.32332/d.v4i1.4456.