PARTICIPATORY LEARNING AND ACTION: PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF DI ERA NEW NORMAL

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Nasrul Hakim Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Naning Elwandari Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

Lembaga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga merupakan suatu peran penting untuk keberlangsungan masyarakat desa di masa New Normal saat ini. Tujuan nya diharapkan sebagai bentuk untuk tetap memberikan perkembangan untuk desanya. Lembaga ini mampu menjadi sebuah aspirasi yang mampu membangun dan mengarahkan masyarakat desa untuk lebih baik lagi untuk kedepannya. Lembaga ini juga mampu menjadi sebuah wadah bagi perempuan-perempuan desa untuk melakukan sebuah gerakan kreatifitas dan memiliki keterampilan. Sehingga dapat menjadikan sebuah keberhasilan pada kegiatan yang dilakukan dan memperoleh keuntungan dalam kegiatannya. Lembaga PKK ini mempunyai berbagai program di dalamnya yaitu ada 10 program: penghayatan dan pengalaman pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. Kreasi yang diberikan lembaga PKK harus mengenalkan teori ekonomi kreatif sebagai tambahan untuk menghasilkan berbagai macam manfaat yang di dapat dalam kegiatan PKK. Lembaga ini telah memberikan pelatihan pada program pendidikan dan keterampilan di lingkungan masyarakat desa Bumi Jawa Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur Lampung. Yaitu memberikan pelatihan dan keterampilan pada pembuatan pada kreasi bunga dari kain stoking. Kreasi bunga dari kain stoking ini mampu menjadi sebuah peluang yang besar. Peluang ini mampu dijadikan sebuah usaha bagi ibu-ibu rumah tangga di desa Bumi Jawa. Sehingga dalam New Normal saat ini peran PKK dan kreatifitas menjadi sangat berarti dalam menjaga kestabilan ekonomi dan pendapatan bagi masyarakat desa Bumi Jawa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dedi Wahyudi, Institut Agama Islam Negeri Metro

Dedi Wahyudi, M.Pd.I adalah seorang Dosen Metodologi Studi Islam di Institut Agama Islam Negeri Metro dengan NIP 199101032015031003. Dedi Wahyudi, M.Pd.I dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Dia mengawali pendidikannya di SD Negeri 4 Kedawung, SMP Negeri 3 Kebumen, dan SMA Negeri 2 Kebumen. Dia juga nyantri di Pondok Pesantren Miftahul Anwar Pekeyongan, Podoluhur, Klirong, Kebumen. Setelah menyelesaikan S-1 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2011) dengan predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode 1 tahun ajaran 2011-2012, dia melanjutkan studi S-2 di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan kembali meraih predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode III tahun ajaran 2013-2014 dengan IPK 3,94. Pengalaman mengajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman sejak 2012 hingga 2014. Dia juga sebagai penulis di berbagai media massa seperti Suara Merdeka, Lampung Post, Metro Riau, dan lainnya. Dia pernah mendapatkan beasiswa dari PT Djarum dan Kementerian Agama RI. Sekarang, penulis sebagai Dosen Tetap di IAIN Metro sekaligus sebagai Pengelola Jurnal LP2M IAIN Metro. Penulis aktif di www.podoluhur.blogspot.com Konsentrasi kajiannya adalah studi Islam, ilmu pendidikan, media pembelajaran, strategi pembelajaran, dan sejarah Islam. Dia mempunyai seorang istri bernama Nuryah, M.Pd.I seorang Dosen Luar Biasa di Institut Agama Islam Negeri Metro dan dikaruniai seorang putri bernama Nadya Fatiha Rahma.

Published
2021-03-04
How to Cite
WAHYUDI, Dedi; HAKIM, Nasrul; ELWANDARI, Naning. PARTICIPATORY LEARNING AND ACTION: PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF DI ERA NEW NORMAL. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 196-223, mar. 2021. ISSN 2686-4347. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/2336>. Date accessed: 27 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.32332/d.v2i2.2336.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>