Perbandingan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan The Power of Two terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Reproduksi

Authors

  • Tika Mayang Sari IAIN Metro
  • Asih Fitriana Dewi IAIN Metro
  • Sri Wahyuni IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4853

Keywords:

Think Pair Share, The Power of Two, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil kemampuan kognitif  dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan model pembelajaran the power of two pada pembelajaran biologi di MAN Maguwoharjo Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang terdiri dari 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan pretest dan posttest, dengan instrumen soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan SPSS dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan the power of two. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil analisis uji t yang memiliki nilai sig (0,001) < α 0,05. Berdasarkan nilai rata-rata dari gain score hasil pembelajaran menggunakan model the power of two lebih tinggi dibandingkan dengan think pair share. Model pembelajaran the power of two memiliki rata-rata gain score sebesar 6,47 sedangkan think pair share memiliki rata-rata 4,47. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran the power of two memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil kognitif think pair share. 

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Perbandingan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan The Power of Two terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Reproduksi. (2022). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(1), 73-81. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4853

Most read articles by the same author(s)