Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Biologi pada Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i1.3384Keywords:
Karakteristik Instrumen, Hasil Belajar, BiologiAbstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik instrumen penilaian hasil belajar pada mata pelajaran Biologi selama pembelajaran daring. Karakteristik instrumen pada studi ini ditinjau dari aspek tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas distraktor. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah deskriptif kuantitaif. Tempat yang digunakan dalam studi ini adalah SMA Negeri 1 Pasir Sakti. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan dalam studi ini adalah instrumen ujian tengah semester mata pelajaran Biologi. Sumber data dalam peneltian ini yaitu lembar jawaban siswa pada insrumen Ujian Tengah Semester mata pelajaran Biologi pada siswa kelas XI. Berdasarkan analisis karakteristik instrumen diperoleh bahwa instrumen penilaian hasil belajar yang dikembangkan oleh guru memiliki tingkat kesukaran dan daya pembeda yang beragam. Tingkat kesukaran soal yaitu mudah, sedang, dan sulit dan keseluruhan daya pembeda telah baik. Distraktor yang digunakan pada instrumen penilaian hasil belajar telah efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa karakteristik instrumen hasil belajar Biologi pada pemebalajaran daring tergolong dalam kategori baik.