Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI MA Darul A’mal pada Materi Sel
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7921Keywords:
Media Pembelajaran, Media Animasi, Biologi SelAbstract
Hasil belajar siswa MA Darul A’mal masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video animasi stop motion terhadap hasil belajar biologi dan mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XI ketika video animasi pembelajaran stop motion. Hipotesis dalam penelitan ini adalah media pembelajaran video animasi stop motion dapat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MA Darul A’mal Metro. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 yang masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan tes ( pre-test dan post-test). Teknik tes dalam penelitian ini yaitu dilakukan tes hasil belajar sebanyak dua kali, yaitu pre-test dan post-test. Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa baik sebelum maupun sesudah menggunakan media video animasi stop motion. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran video animasi stop motion terhadap hasil belajar siawa kelas XI MA Darul A’mal Metro. Hal ini terbukti dari hasil analisis data dari rumus uji-t dengan nilai thitung = 2.072 > ttabel = 2.069 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
References
Iktamala, F. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Stop Motion Terhadap Hasil Belajar Siswa Rujchaniyyah Sumberejo Mranggen. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo.
Jalinus, N., & Ambiyar, A. (2016). Media dan sumber pembelajaran.
Kunto, S. A. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.
Musfiqon, H. M. (2012). Panduan Lengkap Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1).
Yakin, A. (2015). Pengaruh media stop motion terhadap pemahaman konsep hidrologi air siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gununggangsir II Beji Pasuruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.