Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Menggunakan Pendekatan Scientific Learning di SMA PGRI 1 Metro

Authors

  • Fika Wulandari Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Tika Mayang Sari Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9216

Keywords:

Keterampilan Proses Sains, Scientific Learning, Bryophyta, Tumbuhan Lumut

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains peserta didik pada pendekatan Scientific Learning kelas X di SMA PGRI 1 Metro. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dihitung berdasarkan jumlah data checklist pada lembar observasi berdasarkan dengan pedoman skala likert. Hasil data pada penelitian yang sudah dijumlahkan kemudian dihitung jumlah rata-rata dan dipersentasekan pada setiap aspek indikator keterampilan proses sains peserta didik secara keseluruhan. Hasil persentase yang diperoleh dikategorikan berdasarkan 4 kriteria diantaranya yaitu sangat baik, baik, cukup dan kurang. Hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik pada pendekatan Scientific Learning kelas X di SMA PGRI 1 Metro berdasarkan lembar observasi terdapat 3 kategori yaitu baik, cukup, dan kurang. Pada aspek mengamati/observasi memperoleh persentase 79,25% dengan kriteria baik, aspek mengelompokkan/klasifikasi memperoleh persentase 72,50% dengan kriteria baik, aspek memprediksi memperoleh persentase 66,75% dengan kriteria cukup, aspek mengukur/mengajukan pertanyaan memperoleh persentase 51,25% dengan kriteria kurang, aspek menyimpulkan memperoleh persentase 65,50% dengan kriteria cukup dan mengkomunikasikan memperoleh persentase 79,75% dengan kriteria baik.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Menggunakan Pendekatan Scientific Learning di SMA PGRI 1 Metro. (2024). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 5(1), 79-89. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v5i1.9216

Most read articles by the same author(s)