Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Group Investigation pada Materi Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7720Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik, Group Investigation, Keanekaragaman HayatiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis Group Investigation pada materi keanekaragaman hayati sebagai sumber belajar siswa kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah, menganalisis kelayakan lembar kerja peserta didik oleh ahli materi dan ahli media, serta menganalisis respon guru dan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis Group Investigation yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian dengan menggunakan model ADDIE, teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian dari validasi ahli materi yang dilakukan sebanyak 2 kali mendapatkan hasil presentase akhir 89% dengan kategori “sangat baik”, validasi ahli media yang dilakukan sebanyak 2 kali mendapatkan hasil presentase akhir 88% dengan kategori “sangat baik”. Hasil respon guru biologi mendapatkan presentase 91% dengan kategori “sangat baik” dan respon peserta didik mendapatkan presentase 92% dengan kategori “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis Group Investigation pada materi keanekaragaman hayati dinyatakan “sangat layak” digunakan dalam pembelajran biologi.
References
Andi Prastowo. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tijauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Azhar Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
M.Askari Zakaria, dkk, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Research and Development (R&D), (Sulawesi Tenggara: Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawwadah Warrahmah, 2020), h. 78.
Riyo Arie Pratama dan Antomi Saregar. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolfing Untuk Melatih Pemahaman Konsep”, Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, Vol. 02, No. 1, tahun 2019, h. 87.
S, Latifah. 2017. “Pengembangan Media Pemelajaran Interaktif Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire”, Jurnal Penelitian Pengembangan Fisika, Vol. 11, No. 1, tahun 2017, h. 221-231.
Suharsimi, Arikunto. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriadi. 2015. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran, Lantanida Journal, Vol 3, N. 2, 2015.