Pengembangan Media Handout Elektronik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI SMA Kesuma Bhakti

Authors

  • Ayu Istiqomah IAIN Metro
  • Asih Fitriana Dewi IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i1.7014

Keywords:

Media Pembelajaran, handout elektronik, sistem pencernaan

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran handout elektronik materi sistem pencernaan manusia sebagai media pembelajaran bagi peserta didik kelas XI SMA Kesuma Bhakti yang dilator belakangi pada keterbatasan media digunakan dalam pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media handout elektronik materi sistem pencernaan manusia sebagai media pembelajaran bagi peserta didik kelas XI SMA, menganalisis kelayakan media handout elektronik oleh ahli media dan ahli materi, serta menganalisis respon guru dan peserta didik terhadap media handout elektronik yang dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode R&D (Reserch and Delopementent), dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian dari validasi ahli media yang dilakukan sebanyak 2 kali mendapatkan hasil presentase akhir 90% dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli materi dilakukan sebanyak 2 kali dengan hasil presentase akhir sebesar 93,75% dengan kategori “sangat layak”. Hasil respon guru biologi mendapatkan presentase 95% dengan kategori “sangat layak” dan respon peserta didik mendapatkan presentase 93,75% dengan kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media handout materi sistem pencernaan manusia dinyatakan “sangat layak” digunakan dalam pembelajaran biologi.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Pengembangan Media Handout Elektronik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI SMA Kesuma Bhakti. (2023). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4(1), 36-45. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i1.7014

Most read articles by the same author(s)