Implementasi Strategi Trading Place Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Memenuhi Ketrampilan Siswa di Abad 21

Authors

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro , Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Novita Kurniasih Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Muhammad Ali Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Dian Kurniawati SD Negeri 1 Kalibening
  • Suharti Suharti SD Negeri 1 Kalibening
  • Delvi Ayu Istikomah Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/tapis.v6i1.3760

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Trading Places Dan PAI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana strategi dari trading places sebagai dari strategi pembelajaran, strategi pembelajaran itu sendiri yakni adalah sebuah gabungan atau tatanan dari serangakaian kegiatan proses balajar mengajar, dengan melakukan suatu cara seperti halnya menjelaskan suatu meteri pembelajaran kepada siswa, seperti bahan ajar, waktu maupun peralatan yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar guna untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Kemudian strategi trading itu sendiri yakni usaha untuk mendorong para peserta didik untuk lebih mengenal, serta bertukar pendapat maupun bertukar gagasan atau pun mencari ide-ide baru dari permasalahan-permasalahan yang ada, dengan demikian strategi ini sangat diperlukan guna untuk kelancaran dalam proses belajar mengajar, di dalam pembelajaran pun tidak dapat terlepas dari pedoman agama

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Trading Places Dan PAI

 

Abstract

The study is intended to find out how the strategy of trading places as a learning strategy, the learning strategy itself is a combination or arrangement of a series of teaching and learning process activities, by doing a way such as explaining a learning material to students, such as teaching materials, time as well as the equipment needed in the teaching and learning process in order to achieve the learning objectives that have been set in advance. Then the  trading strategy ifself is an effort to encourage students to get to know, and exchange opinions or exchange ideas or look for new ideas form existing problems, this strategy is very necessary in order to smooth the teaching and learning process, in learning can not be separated from religious guidelines

Keyword: Learning Strategies, Tarding Places And PAI

 

Author Biography

  • Dedi Wahyudi, Institut Agama Islam Negeri Metro, Institut Agama Islam Negeri Metro

    Dedi Wahyudi, M.Pd.I adalah seorang Dosen Metodologi Studi Islam di Institut Agama Islam Negeri Metro dengan NIP 199101032015031003. Dedi Wahyudi, M.Pd.I dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Dia mengawali pendidikannya di SD Negeri 4 Kedawung, SMP Negeri 3 Kebumen, dan SMA Negeri 2 Kebumen. Dia juga nyantri di Pondok Pesantren Miftahul Anwar Pekeyongan, Podoluhur, Klirong, Kebumen. Setelah menyelesaikan S-1 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2011) dengan predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode 1 tahun ajaran 2011-2012, dia melanjutkan studi S-2 di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan kembali meraih predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode III tahun ajaran 2013-2014 dengan IPK 3,94. Pengalaman mengajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman sejak 2012 hingga 2014. Dia juga sebagai penulis di berbagai media massa seperti Suara Merdeka, Lampung Post, Metro Riau, dan lainnya. Dia pernah mendapatkan beasiswa dari PT Djarum dan Kementerian Agama RI. Sekarang, penulis sebagai Dosen Tetap di IAIN Metro sekaligus sebagai Pengelola Jurnal LP2M IAIN Metro. Penulis aktif di www.podoluhur.blogspot.com Konsentrasi kajiannya adalah studi Islam, ilmu pendidikan, media pembelajaran, strategi pembelajaran, dan sejarah Islam. Dia mempunyai seorang istri bernama Nuryah, M.Pd.I seorang Dosen Luar Biasa di Institut Agama Islam Negeri Metro dan dikaruniai seorang putri bernama Nadya Fatiha Rahma.

Downloads

Published

2022-09-02

Most read articles by the same author(s)