Cyber Learning: Ikhtiar Baru Dunia Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Novita Kurniasih Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Yusuf Dwi Prasetyo Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/tapis.v5i1.2283

Keywords:

Education, Cyber learning, covid-19

Abstract

The Covid-19 virus, which is endemic throughout the world, is no exception to the government's proximity to making home study policies in the realm of education. All levels of education starting from the lowest level such as early childhood education to the university level carry out their knowledge through Cyber Learning. In today's era of crisis, it is difficult to enjoy virtual learning. Various platforms from around the world provide internet-based education services or CyberLearning free. This paper uses a library research method with data sources obtained from various credible written sources. Careful preparation is required to be able to carry out Cyber Learning-based learning for both educators and students so that learning can run smoothly. Whatsapp, Google Classroom, Zoom, and Schoology are some examples of Cyber Learning that can be used easily for educators and students.

Author Biography

  • Dedi Wahyudi, Institut Agama Islam Negeri Metro

    Dedi Wahyudi, M.Pd.I adalah seorang Dosen Metodologi Studi Islam di Institut Agama Islam Negeri Metro dengan NIP 199101032015031003. Dedi Wahyudi, M.Pd.I dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Dia mengawali pendidikannya di SD Negeri 4 Kedawung, SMP Negeri 3 Kebumen, dan SMA Negeri 2 Kebumen. Dia juga nyantri di Pondok Pesantren Miftahul Anwar Pekeyongan, Podoluhur, Klirong, Kebumen. Setelah menyelesaikan S-1 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2011) dengan predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode 1 tahun ajaran 2011-2012, dia melanjutkan studi S-2 di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan kembali meraih predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode III tahun ajaran 2013-2014 dengan IPK 3,94. Pengalaman mengajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman sejak 2012 hingga 2014. Dia juga sebagai penulis di berbagai media massa seperti Suara Merdeka, Lampung Post, Metro Riau, dan lainnya. Dia pernah mendapatkan beasiswa dari PT Djarum dan Kementerian Agama RI. Sekarang, penulis sebagai Dosen Tetap di IAIN Metro sekaligus sebagai Pengelola Jurnal LP2M IAIN Metro. Penulis aktif di www.podoluhur.blogspot.com Konsentrasi kajiannya adalah studi Islam, ilmu pendidikan, media pembelajaran, strategi pembelajaran, dan sejarah Islam. Dia mempunyai seorang istri bernama Nuryah, M.Pd.I seorang Dosen Luar Biasa di Institut Agama Islam Negeri Metro dan dikaruniai seorang putri bernama Nadya Fatiha Rahma.

References

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) Dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 17(3).
Ceraolo, C., & Giorgi, F. M. (2020). Genomic variance of the 2019-nCoV coronavirus. Journal of Medical Virology, 92(5), 522–528. https://doi.org/10.1002/jmv.25700
Effendi, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Active Learning Dan Internet-Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kreativitas Belajar. Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations Of Models And Learning Platforms For Prospective Teachers During The Covid-19 Pandemic Period. Indonesian Journal Of Teacher Education, 1(2).
Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona Virus Disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 120–130. https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101
Harahap, R. (2020). Fenomena Online Learning Di Masa Pandemi. LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 146–156. https://doi.org/10.31604/linguistik.v5i2.146-156
Harahap, S. H. (2015). Pemanfaatan E-learning Berbasis Lcms Moodle Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Jrab: Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, 15(1).
Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49–49. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i2.4656
Indriya. (2020). Konsep Tafakkur Dalam Alquran Dalam Menyikapi Coronavirus Covid-19. Indriya Indriya, “Konsep Tafakkur Dalam Alquran Dalam Menyikapi Coronavirus Covid-19,” Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(3).
Kurniawan, H. (2016). Efektifitas Pembelajaran Problem Solving Dan Investigasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Berbantuan Google Classroom. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 2(1), 56–67.
Kusmana, A. (2017). E-learning Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(1).
Liu, T., Hu, J., Kang, M., Lin, L., Zhong, H., Xiao, J., He, G., Song, T., Huang, Q., Rong, Z., Deng, A., Zeng, W., Tan, X., Zeng, S., Zhu, Z., Li, J., Wan, D., Lu, J., Deng, H., … Ma, W. (2020). Transmission dynamics of 2019 novel coronavirus (2019-nCoV). BioRxiv, 2020.01.25.919787. https://doi.org/10.1101/2020.01.25.919787
Mukharom, & Aravik, H. (2020). Kebijakan Nabi Muhammad Saw Menangani Wabah Penyakit Menular Dan Implementasinya Dalam Konteks Penanggulangan Coronavirus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 17(3).
Mutia, I., & Leonard. (15). Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta, 6(4).
Nadziroh, F. (2017a). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-learning. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 2(1).
Nadziroh, F. (2017b). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual, 2(1). https://journal.unusida.ac.id/index.php/jik/article/view/127
Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155
Sari, Y. A., & Latief, S. (2021). Economic Empowerment through Making Hand Sanitizer and Implementing Healthy Lifestyles in Covid-19 Pandemic. International Journal of Community Engagement Payungi, 1(1), 32-38.
Silahuddin. (2015). Penerapan E-learning Dalam Inovasi Pendidikan. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).
Suarta, I. M. & I Ketut Suwintana. (2012). Model Pengukuran Konstruks Adopsi Inovasi E-learning. Jurnal Sistem Informasi, 8(1).
Suprapto, A. (2018). Analisis Dimensi Kebutuhan Pra Implementasi E-learning Untuk Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Kampus Di Era Revolusi Industri 4.0. Attarbiyah, 28.
Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1).
Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktifberbasis Teknologi Informasi. Foristek : Forum Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 2(1).
Yuliana, Y. (2020). Analisis Keefektivitasan Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Corona (Covid-19). SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(10), 875–894. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i10.17371
Zahrotunnimah. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 Di Indonesia. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 17(3).
Zhou, P., Yang, X.-L., Wang, X.-G., Hu, B., Zhang, L., Zhang, W., Si, H.-R., Zhu, Y., Li, B., Huang, C.-L., Chen, H.-D., Chen, J., Luo, Y., Guo, H., Jiang, R.-D., Liu, M.-Q., Chen, Y., Shen, X.-R., Wang, X., … Shi, Z.-L. (2020). A pneumonia outbreak associated with a new coronavirus of probable bat origin. Nature, 579(7798), 270–273. https://doi.org/10.1038/s41586-020-2012-7

Downloads

Published

2021-06-19