Reaktualisasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Upaya Menggugah Siswa dari “Mati Suri” Kepekaan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1888Keywords:
Education, Learning Models, Social SensitivityAbstract
This paper discusses the result of research related to problem-based learning models. The findings of this study are related to the efforts of improving students' social sensitivity. One of the goals of education is to make the output in this case students become successful people both academically and non-academically and have positive moral values in society. To achieve maximum learning outcomes, an educator can use the problem-based learning model. This problem-based learning model is a learning model that links students with the real world so that they are more sensitive to their social environment. These problems make students think critically to be able to solve the puzzle and can be implemented in their social space.
References
Andriani, Fatma. “Menumbuhkan Kecerdasan Sosial melalui Cooperative Learning dalam Pembelajaran IPS.” Jurnal Ilmiah Guru: COPE 1, no. XIV (2010).
Firmansyah, Ardian, Kosim Kosim, dan Syahrial Ayub. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen pada Materi Cahaya terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gunungsari Tahun Ajaran 2014/2015.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 1, no. 3 (14 Maret 2017): 155–60. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.252.
H. J. Sada. “Konsep Pembentukan Kepribadian Anak dalam Perspektif Al- Qur’an (Surat Luqman Ayat 12-19).” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2015).
Habsy, Bakhrudin All. “Seni Memahami Penelitian Kuliatatif dalam Bimbingan dan Konseling : Studi Literatur.” Jurnal Konseling Andi Matappa 1 (2017).
Hardiyanto, Hardiyanto, Susilawati Susilawati, dan Ahmad Harjono. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Ekspositori dengan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII MTSN 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 1, no. 4 (15 Maret 2017): 249–56. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i4.267.
Herayanti, Lovy, Syifaul Gummah, Bq Azmi Sukroyanti, Gunawan Gunawan, dan Muh Makhrus. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Meggunakan Media Moodle untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Gelombang.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 4, no. 2 (31 Oktober 2018): 158–67. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.803.
Isnaeni. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepekaan Sosial Anak di Kehidupan Sehari-Hari.” Jurnal Inspirasi 1, no. 1 (2017).
Lilis Fernilasari, S.Pd. Wawancara dengan salah satu guru MA Maba’ul ’Ulum, 5 September 2019.
Mikrayanti, Mikrayanti. “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” Suska Journal of Mathematics Education 2, no. 2 (18 November 2016): 97–102. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.1547.
Munandar, Haris, Sutrio Sutrio, dan Muhammad Taufik. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 4, no. 1 (28 Mei 2018): 111–20. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.526.
Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11 (2017).
Nurhikmah, Nurhikmah, Gunawan Gunawan, dan Syahrial Ayub. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulation Based Laboratory (SBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Montong Gading.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 4, no. 1 (28 Mei 2018): 16–22. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.542.
Prabowo, Aan, dan Heriyanto. “Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik ( E-Book ) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 2, no. 2 (2013).
Rohman, Fathur. “Pembelajaran Fiqih Berbasis Masalah Melalui Kegiatan Musyawarah Di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (17 November 2017): 179–200. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2124.
Sam, Hilyatin Nisak, dan Abd. Kohar. “Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika.” Kreano: Jurnal Matematika Kreatif dan Inovatif 6, no. 2 (2015).
Sapiudin, Sapiudin. “Pembelajaran Ushul Fikih Berbasis Masalah.” Ahkam : Jurnal Ilmu Syariah 14, no. 2 (28 Juli 2014). https://doi.org/10.15408/ajis.v14i2.1288.
Sukardi, Tanto. “Pengembangan Strategi Konstruktivistik dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial Mahasiswa.” SOSIOHUMANIKA:Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan 8, no. 1 (2015).
Sulistiyono, Adi. “Pengaruh Kepribadian Siswa dan Persepsi Siswa Tentang Model Pembelajaran Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Gondang pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Delta 3, no. 2 (2015).
Sumarli, Sumarli. “Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa.” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) 3, no. 1 (2 Juni 2018): 8–13. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i1.335.
Suprapto, Wasis. “Pembelajaran Model Homestay Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkan Kepekaan Sosial Peserta Didik Di Tengah Tantangan Global.” JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan) 2, no. 2 (29 Juli 2017): 14–25. https://doi.org/10.24269/v2.n2.2017.14-25.
Wiharyanto, Dhimas, Ghazali Salim, Muhammad Firdaus, dan M.Yusuf Awaludin. “Pendekatan Metode Von Bertalanffy untuk Analisis Pertumbuhan Kerang Kapah (Meretrix meretrix) yang Berasal dari Pengepul Pantai Amal Lama Kota Tarakan.” Jurnal Akuatika IV (2013).
Z, Ali Iskandar, dan Suciati. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Mata Pelajaran Akidah Akhlak pada Siswa Kelas VIII MTS An Nur Palangka Raya.” Jurnal Hadratul Madaniyah 1 (2016).