Nilai Eco-Theology Serat Kalatidha Karya Raden Ngabehi Ranggawarsita

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Syamsul Rijal Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Silahuddin Silahuddin Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Keywords: Eco-Theology Ranggawarsita Serat Kalatidha

Abstract

This paper examines the eco-theologycal value of Serat Kalatidha by Raden Ngabehi Ranggawarsita. The ancient Javanese manuscript Serat Kalatidha is studied with a philosophical approach. The purpose of this study is to reveal the eco-theologycal value contained in Serat Kalatidha. This study adopted a library qualitative research methodology. The primary data source used was Serat Kalatidha by Ranggawarsita and secondary data sources were journal manuscripts, research results related to this paper. The data that has been collected is processed using philology, then the next step is data analysis with descriptive analytic. Fiber Kalatidha, reminds that humans will always be responsible for their environment so that they are in harmony with the purposes of the caliph on earth and God's creatures.

Author Biography

Dedi Wahyudi, Institut Agama Islam Negeri Metro

Dedi Wahyudi, M.Pd.I adalah seorang Dosen Metodologi Studi Islam di Institut Agama Islam Negeri Metro dengan NIP 199101032015031003. Dedi Wahyudi, M.Pd.I dilahirkan di Kebumen pada 3 Januari 1991. Dia mengawali pendidikannya di SD Negeri 4 Kedawung, SMP Negeri 3 Kebumen, dan SMA Negeri 2 Kebumen. Dia berguru ilmu agama dan kehidupan kepada Abah KH. Drs. Syaifudin Zuhri pengasuh PP Fatima Az Zahra, Pekeyongan, Podoluhur, Klirong Kebumen, Podoluhur, Klirong, Kebumen. Setelah menyelesaikan S-1 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2011) dengan predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode 1 tahun ajaran 2011-2012, dia melanjutkan studi S-2 di Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan kembali meraih predikat “Lulus Terbaik dan Tercepat” pada wisuda periode III tahun ajaran 2013-2014 dengan IPK 3,94. Pengalaman mengajar di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman sejak 2012 hingga 2014. Dia juga pernah sebagai penulis di berbagai media massa seperti Suara Merdeka, Lampung Post, Metro Riau, dan lainnya. Dia pernah mendapatkan beasiswa dari PT Djarum dan Kementerian Agama RI. Sekarang, penulis sebagai Dosen Tetap di IAIN Metro sekaligus sebagai Ketua Rumah Jurnal IAIN Metro. Penulis aktif di www.podoluhur.blogspot.com Konsentrasi kajiannya adalah Pendidikan Agama Islam. Dia mempunyai seorang istri bernama Nuryah, M.Pd.I seorang Dosen Luar Biasa di Institut Agama Islam Negeri Metro dan dikaruniai dua orang putri bernama Nadya Fatiha Rahma dan Mustika Ayuningtias. Dedi Wahyudi kini melanjutkan studi S3nya di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh program studi Pendidikan Agama Islam

References

Aksan, Sahjad M. “Corak Epistemologi Mistis Neoplatonisme Dalam Mistisisme Islam.” Intizar 24, no. 2 (30 Desember 2018): 235–52. https://doi.org/10.19109/intizar.v24i2.3101.

Tinggi, D. T. J. P. (2010). Kementrian Pendidlkan Nasional. Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran, 2010

Assegaf, Abd. Rahman. Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kasus dan Konsep. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2004.

Assegaf, Abd. Rahman. Politik Pendidikan Nasional: Pergeseran Kebijakan Pendidikan Agama Islam dari Praproklamasi ke Reformasi. Yogyakarta: Kurnia Kalam, 2005.

Azwar, Saifuddin. Metode Pernelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Carson, Rachel. Silent Spring. United States: Houghton Mifflin Company, 1962.

Dahlan, Achmad, dan Asrul Asrul. “Eco-Theology of Water from the Perspective of Hadith: Thematic Study of Al-Mā’ Term.” Jurnal Ushuluddin 30, no. 1 (16 Agustus 2022): 63–75. https://doi.org/10.24014/jush.v30i1.17100.

Darmiyati Zuchdi (Ed.). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press, 2011.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. 6 ed. Jakarta: LP3S, 1994.

Doni Koesoema A. Penddikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.

Eriyanto. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta, 2009.

Hanum, Faiza Nafisa. “Nilai Keshalehan Sosial dalam Serat Kalatidha dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.

H.A.R Tilaar. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Harahap, Nursapia. “Penelitian Kepustakaan.” Jurnal Iqra 8, no. 1 (2014): 68–74.

Hardin, Garrett. “The Tragedy of the Commons.” Science 162, no. 3859 (1968): 1243–48.

Jalaluddin. Psikologi Agama: Memahami Perilaku Keagamaan dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Kasiram, Moh. Metodologi Penelitiab Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN MALIKI PRESS, 2010.

Kodir, Koko Abdul. Metodologi Studi Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

Lynn White Jr. “The Historical Roots of Our Ecological Crisis.” Science 155, no. 3767 (1967).

Mashar, Riana. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana, 2011.

Maulida, Nur Chofifah, dan Syatria Adymas Pranajaya. “Pengentasan Degradasi Minat Belajar Pada Siswa Remaja.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 5, no. 1 (2 Maret 2018): 7–16. https://doi.org/10.21093/twt.v5i1.2421.

Mulkhan, Abdul Munir. Mencari Tuhan dan Tujuh Jalan Kebebasan: Sebuah Esai Pemikiran Imam Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Mulyani, Hesti. Komprehensi Tulis. Yogyakarta: Astungkara Media, 2013.

Mulyanto, R. I, Sartini, A. Sarju Siswomartana, Radjiman, dan Riyanto. Biografi Pujangga Ranggawarsita. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Lebudayaan, 1990.

Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Bogor: Prenada Media, 2003.

Permana, Chinda Pandu, dan Endang Nurhayati. “Ragam Bahasa Serat Kalatidha Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa SMP Negeri 7 Yogyakarta.” Jurnal LingTera 1, no. 1 (Mei 2014).

Purwadi, Mahmudi, dan Nuning Zaidah. Tata Bahasa Jawa. Yogyakarta: Pura Pustaka, 2012.

Quddus, Abdul. “Ecotheology Islam: Teologi Konstruktif Atasi Krisis Lingkungan.” Ulumuna 16, no. 2 (2012): 311–46. https://doi.org/10.20414/ujis.v16i2.181.

R., Wiwin Widyawati. Serat Kalatidha: Tafsir Sosiologis dan Filosofis Pujangga Jawa Terhadap Kondisi Sosial. Yogyakarta: Pura Pustaka, 2009.

Raharjo, Rahmat. Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Pengembangan Kurikulumn dan Pembelajaran. Yogyakarta: Magnum Pustaka, 2010.

Rakhmat, Aulia. “Islamic Ecotheology: Understanding The Concept Of Khalifah And The Ethical Responsibility Of The Environment.” Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy 3, no. 1 (30 Juni 2022): 1–24. https://doi.org/10.22515/ajipp.v3i1.5104.

Salwanida, Felisha. Merencanakan Kecerdasan dan Karakter Anak Sejak dalam Kandungan. Jogjakarta: KATAHATI, 2010.

Silahuddin, Silahuddin. “Pendidikan Dan Akhlak (Tinjauan Pemikiran Iman Al-Ghazali).” JURNAL TARBIYAH 23, no. 1 (28 November 2016). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/120.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. 11 ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.

Sulistyorini, Dwi. Filologi: Teori dan Penerapannya. Malang: Madani, 2015.

Suriasumantri, Jujun S. Ilmu dalam Perspektif: Sebuah Kumpulan Karangan tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2009.

Sutrisno. Revolusi Pendidikan di Indonesia: Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetensi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2005.

Tim Balai Bahasa Yogyakarta. “Kamus Bahasa Jawa.” Dalam Kamus Basa Jawa (Bausastra Jawa). Sleman: Kanisius, 2016.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Umiarso, dan Syamsul Rijal. “Kristalisasi Nilai Materialisme Dalam Pembentukan Perilaku Konsumeristik Di Kalangan Masyarakat Perkotaan Banda Aceh.” Kontekstualita 34, no. 01 (2019): 60–80.

Wahyudi, Dedi, dan Siti Aisah. “Aktualisasi Pendidikan Islam Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup: Studi Relasi Antara Pendidikan Islam Dan Budaya Mistis Dalam Pelestarian Lingkungan.” Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 01 (9 Agustus 2018): 124–53. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v15i01.1200.

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Widyastuti, Sri Harti. “Pengarang, Karya, dan Teks.” Diksi 1, no. 2 (1993).

Zuriah, Nurul. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.
Published
2023-05-22
How to Cite
WAHYUDI, Dedi; RIJAL, Syamsul; SILAHUDDIN, Silahuddin. Nilai Eco-Theology Serat Kalatidha Karya Raden Ngabehi Ranggawarsita. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 10-18, may 2023. ISSN 2580-068X. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/tapis/article/view/6265>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.32332/tapis.v7i1.6265.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.