Pengembangan Buku Pop Up sebagai Media Pembelajaran pada Materi Annelida Kelas X di MA Roudhotul Huda

  • Ria Latifah IAIN Metro
  • Tika Mayang Sari IAIN Metro
  • Dwi Kurnia Hayati IAIN Metro

Abstract





Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya semangat siswa dalam membaca buku. Hal tersebut dikarenakan belum adanya sumber belajar yang variatif di sekolah. Bahan ajar yang digunakan oleh guru yaitu LKS, dan buku paket, yang membuat peserta didik merasa kurang semangat dalam membaca buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pop Up Book pada materi Annelida sebagai media pembelajaran kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan Model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Penelitian ini menghasilkan produk Pop up book yang sudah di validasi oleh ahli materi dan media. Berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh hasil persentase 81% dengan kategori sangat valid, ahli media diperoleh hasil persentase sebanyak 96% dengan kategori sangat valid, hasil penilaian guru yaitu 91% dengan kategori sangat valid. Kemudian dilakukan uji respon siswa dan diperoleh persentase 86,8 % dalam kategori sangat valid. oleh karena itu Pop up Book materi Annelida yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas X.





Published
2023-07-05
How to Cite
LATIFAH, Ria; SARI, Tika Mayang; HAYATI, Dwi Kurnia. Pengembangan Buku Pop Up sebagai Media Pembelajaran pada Materi Annelida Kelas X di MA Roudhotul Huda. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 46-58, july 2023. ISSN 2722-5275. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/Al-Jahiz/article/view/7026>. Date accessed: 26 sep. 2023. doi: https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i1.7026.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.