Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i1.4910Keywords:
Media pembelajaran, Flashcard, Klasifikasi makhluk hidupAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran flashcard dan mengetahui kelayakan media pembelajaran flashcard yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menghasilkan media flashcard sebagai sumber belajar yang dapat memfasilitasi peserta didik agar dapat berperan aktif, dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi klasifikasi makhluk hidup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran flashcard layak untuk diujicobakan berdasarkan hasil validasi akhir yang telah dilakukan oleh ahli media dengan tingkat validitas 87% dan ahli materi menyatakan layak untuk diujikan dengan tingkat validitas 89%. Berdasarkan hasil uji kepraktisan yang telah dilakukan dengan implementasi di kelas dan hasil wawancara diperoleh hasil bahwa media flashcard yang dikembangkan dapat menarik perhatian peserta didik agar dapat memahami materi pembelajaran pada materi klasifikasi makhluk hidup. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media flashcard yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi klasifikasi makhluk hidup yang menarik dalam pembelajaran. Disarankan untuk penelitian pengembangan selanjutnya untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih variatif dan inovatif.