Pengembangan Media Diorama Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Fitri Handayani Universitas Jambi
  • Destrinelli Destrinelli Universitas Jambi
  • Dwi Kurnia Hayati Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i2.3149

Keywords:

Media Diorama, Pembelajaran IPA

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran IPA sangat dibutuhkan. Dengan adanya media peserta didik dapat lebih memahami materi yang disampaikan. Penggunaan media di sekolah hanya menggunakan gambar. Untuk itulah dikembangkan media diorama, yaitu media yang berbentuk tiga dimensi dan dapat dilihat dari segala arah sehingga dapat memvisualisakan kepada siswa tentang materi ekosistem dan komponen ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media diorama berbasis kontekstual yang valid dan praktis.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV B SDN 14/I sungai Baung.

Hasil penelitian ini berupa media diorama berbasis kontekstual pada pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah dasar yang valid dan praktis. Hasil validasi oleh validator media diperoleh rata-rata 4,67 dengan persentase tingkat kevalidan media tersebut 95,38% dalam kategori sangat baik. Hasil validasi oleh validator pembelajaran deperoleh rata-rata 4 dengan tidak persentase 80% dalam kategori baik. Setelah layak untuk diujicobakan, maka peneliti melakukan uji coba lapangan dikelas IV. Hasil angket respon peserta didik memperoleh skor dengan rata-rata 4,19 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil angket respon guru memperoleh skor dengan rata-rata 4,8 dengan kategori “sangat praktis”.

Kesimpulan penelitian ini adalah media diorama berbasis kontekstual layak untuk digunakan sebagai media pada pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dssar khususnya pada kompetensi dasar mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Downloads

Published

2021-03-04

How to Cite

Pengembangan Media Diorama Berbasis Kontekstual pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. (2021). Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(2), 98-108. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i2.3149

Most read articles by the same author(s)