Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI MA Darul A’mal pada Materi Sel

Penulis

  • Indah Lestari Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Tika Mayang Sari Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7921

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Media Animasi, Biologi Sel

Abstrak

Hasil belajar siswa MA Darul A’mal masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  media video animasi stop motion terhadap hasil belajar biologi dan mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XI  ketika video animasi pembelajaran stop motion. Hipotesis dalam penelitan ini adalah media pembelajaran video animasi stop motion dapat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MA Darul A’mal Metro. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 yang masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan tes ( pre-test dan post-test). Teknik tes dalam penelitian ini yaitu dilakukan tes hasil belajar sebanyak dua kali, yaitu pre-test dan post-test. Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa baik sebelum  maupun sesudah menggunakan media video animasi stop motion. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada  pengaruh media pembelajaran video animasi stop motion  terhadap hasil belajar siawa kelas XI MA Darul A’mal Metro. Hal ini terbukti dari hasil analisis data dari rumus uji-t dengan nilai thitung = 2.072 > ttabel = 2.069 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

 

Diterbitkan

2023-12-04

Cara Mengutip

Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas XI MA Darul A’mal pada Materi Sel. (2023). Al Jahiz, 4(2), 156-163. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7921

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama