Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Group Investigation pada Materi Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X SMA/MA

Penulis

  • Anggy Salsabila Noka Tadris Biologi IAIN Metro
  • Asih Fitriana Dewi

DOI:

https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7720

Kata Kunci:

Lembar Kerja Peserta Didik, Group Investigation, Keanekaragaman Hayati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis Group Investigation pada materi keanekaragaman hayati sebagai sumber belajar siswa kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah, menganalisis kelayakan lembar kerja peserta didik oleh ahli materi dan ahli media, serta menganalisis respon guru dan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis Group Investigation yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian dengan menggunakan model ADDIE, teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian dari validasi ahli materi yang dilakukan sebanyak 2 kali mendapatkan hasil presentase akhir 89% dengan kategori “sangat baik”, validasi ahli media yang dilakukan sebanyak 2 kali mendapatkan hasil presentase akhir 88% dengan kategori “sangat baik”. Hasil respon guru biologi mendapatkan presentase 91% dengan kategori “sangat baik” dan respon peserta didik mendapatkan presentase 92% dengan kategori “sangat baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis Group Investigation pada materi keanekaragaman hayati dinyatakan “sangat layak” digunakan dalam pembelajran biologi.

Diterbitkan

2023-11-29

Cara Mengutip

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Group Investigation pada Materi Keanekaragaman Hayati sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X SMA/MA. (2023). Al Jahiz, 4(2), 145-155. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7720

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama