TEORI-TEORI PROSES PEMEROLEHAN BAHASA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

  • Khotijah Khotijah Institut Agama Islam Negeri Metro
Keywords: Proses pemerolehan Bahasa, Perspektif Al Qur’an

Abstract

Bahasa merupakan anugerah yang sangat besar dari Allah SWT, karena dengan bahasa manusia bisa berkomunikasi dan mengembangkan potensinya dengan seluas-luasnya. Menurut teori ahli bahasa pemerolehan bahasa atau akuisisi bahasa adalah proses yang berlangsung di dalam otak anak ketika memperoleh bahasa dari ibunya. Ia akan berbahasa seperti apa yang didengar dan dilihat dari ibu dan orang-orang di sekitarnya secara struktur dalam semua kompunen bahasa baik fonologi, sintaksis maupun semantiknya.


Nabi Adam sebagai manusia pertama mendapat pelajaran bahasa langsung dari Allah SWT sebagai bekal untuk mengemban tugas kekhalifahan di bumi dan diberikan potensi untuk mengembangkan bahasa tersebut. Oleh karena itu teori-teori pemerolehan bahasa yang dikemukakan oleh orang ahli bahasa barat adalah merupakan adopsi dari ilmu Islam dalam Al-Qur’an.

Published
2017-02-17
How to Cite
KHOTIJAH, Khotijah. TEORI-TEORI PROSES PEMEROLEHAN BAHASA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 02, p. 1-20, feb. 2017. ISSN 2579-325X. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/tarbawiyah/article/view/343>. Date accessed: 09 may 2024.

Most read articles by the same author(s)