STRATEGI PENGEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI
Keywords:
pengembangan bahasa, anak, strategiAbstract
Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi. Perkembangan bahasa bagi anak dimulai sejak bayi melalui pengalaman dan pertumbuhan bahasa. Pengembangan kemampuan berbahasa bagi anak usia dini bertujuan agar anak mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Ada empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Konteks pengembangan bahasa hendaknya juga meliputi empat keterampilan tersebut. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam mengembangkan kemampuan berbahasa meliputi kegiatan yang dapat menstimulasi kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Anak usia dini mempunyai karakteritik yang unik. Dunia mereka adalah dunia bermain. Oleh karena itu kegiatan pengembangan bahasa yang dilakukan harus menggunakan strategi yang sesuai dengan dunia mereka. Banyak media yang bisa membantu guru dan orang tua dalam pengembangan bahasa anak usia dini. Anak-anak sekarang bisa mendownload sendiri seperti lagu/nyanyian dan cerita anak-anak. Media ini sekarang sangat disenangi anak-anak. Orang tua tinggal membimbing agar hasilnya lebih maksimal.Downloads
Published
2017-02-23
Issue
Section
Articles
License
All articles in the Elementary can be disseminated on condition that still include the identity of the article and the source of the article (Elementary). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors are able to enter into a separate, or an acknowledgment of its initial (eg, post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to the citation of published work.