Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (e-ISSN 2579-9282) (p-ISSN 2477-1384) adalah jurnal ilmiah akses terbuka dengan model peer-review yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember sebanyak 16 artikel oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro. Pada tahun 2018, Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar telah terdaftar sebagai anggota CrossRef. Oleh karena itu, semua artikel yang diterbitkan akan memiliki nomor Digital Object Identifier (DOI) yang unik. Telah terakreditasi secara nasional Peringkat 3 atau SINTA 3 pada tanggal 11 Mei 2023 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia. Pengakuan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (SK No. 79/E/KPT/2023) dan berlaku sampai dengan Desember tahun 2023. Sertifikat akreditasi dapat dilihat di sini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar menyambut baik para pakar, dosen, guru, praktisi dan peneliti untuk mempublikasikan karya-karya akademiknya yang berkaitan dengan pendidikan dasar.

 Sejarah Jurnal

Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar didirikan oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Metro pada Maret 2015. Hal ini diupayakan untuk mensosialisasikan, berbagi dan menyebarkan keilmuan tulisan yang didasarkan pada penelitian tentang pendidikan dasar. Edisi pertama yang terdiri dari delapan artikel ilmiah diterbitkan pada Juni 2015. Keberadaan Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, dengan segala upaya untuk menjadi jurnal yang lebih baik, mendapatkan pengakuan positif dan didukung peneliti, dosen, guru, praktisi, profesional dan mereka yang terlibat, peduli dan berdedikasi untuk mengembangkan bidang pendidikan dasar di Indonesia. Kantor Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar berada di Rumah Jurnal Institut Agama Islam Negeri Metro, Jl. Ki Hajar Dewantara, 15 A Iring Mulyo, Kota Metro - Lampung, Indonesia. Elementary adalah Open Journal System (OJS) yang dapat diakses secara bebas di http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary.

Visi, Misi dan Tujuan
Visi Jurnal Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar adalah “Menjadi rujukan akademis yang terkemuka dan terpercaya untuk segala jenis studi dan praktik yang berkaitan dengan pendidikan dasar baik dalam lingkup regional, nasional dan internasional.
 
Misi Jurnal Elementary: 1) menyediakan seluas-luasnya bagi publikasi ilmiah para cendekiawan, peneliti, pendidik dan praktisi. 2) Menerapkan seleksi mendalam untuk menghilangkan praktik plagiarisme dalam penulisan ilmiah. 3) Melaksanakan pengembangan dan penyempurnaan jurnal secara berkesinambungan.
 
Penerbitan Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar adalah untuk menjaga komitmen lembaga terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Bisa dianggap sebagai sarana tukar menukar ilmu, khususnya di bidang pendidikan dasar, bagi semua ulama. Keberadaan jurnal ini menunjukkan upaya institusi dalam mensosialisasikan ide-ide cemerlang guna menyelaraskan ilmu pengetahuan dengan perkembangan zaman yang semakin cepat.
 
Proses Tinjauan Sejawat
Setiap artikel diperiksa dan dipilih oleh Tim Redaksi. Artikel yang memenuhi pedoman penulis akan dikirimkan ke reviewer. Setelah direview dan kemudian direvisi jika ada kesalahan maka akan dipublikasikan. Kebijakan Akses Terbuka Ini adalah jurnal akses terbuka di mana semua artikel dapat diakses secara bebas oleh semua orang kapan saja. Pengarsipan Open Journal System (OJS) yang menerapkan sistem LOCKSS berfungsi sebagai pengarsipan yang didistribusikan antar perpustakaan menggunakan sistem ini untuk preservasi dan restorasi. Tertarik untuk mengirimkan ke jurnal ini? Kami menyarankan Anda meninjau halaman Tentang Jurnal untuk kebijakan bagian jurnal, serta Pedoman Penulis.
 
Alamat Surat
Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan InstItut Agama Islam Negeri Metro Jalan Ki Hajar Dewantara Kampus 15A Iringmulyo Kota Metro - Lampung, 34111. E-mail: elementaryjournal@gmail.com
 
Kontak Utama
Dr. Siti Annisah, M.Pd.
Institut Agama Islam Negeri Metro Jl. Ki Hajar Dewantara 15 A. Iring Mulyo, Kota Metro - Lampung, 34111, HP: 081369035352 Email: sitiannisah@metrouniv.ac.id
 
Kontak Dukungan
Dr. Yudiyanto, M.Si.
Institut Agama Islam Negeri Metro Jl. Ki Hajar Dewantara 15 A. Iring Mulyo, Kota Metro - Lampung, 34111, HP: 081317150438 Email: yudiyudi0222@gmail.com