ANALISIS IMPLEMETASI NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN AL-QURAN DAN FIQH IBADAH PADA MASYARAKAT WATES WAY RATAI

Authors

  • Khotijah Khotijah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Kasidi Kasidi Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.32332/moderatio.v2i2.5758

Keywords:

Pembelajaran al-qur’an, Fiqh Ibadah, Wates Way Ratai, Moderasi beragama

Abstract

Nilai Moderasi Beragama memiliki tempat penting dalam realiasasi perdamaia pada masyarakat. Dalam tulisan ini penulis mencoba melihat bagaimana implementasi nilai moderasi yang diterapkan oleh mahasiswa IAIN metro saat melakukan Kuliah pengabdian masyarakat melalui pembelajaran Al-Qur’an dan Fiqh ibadah di daerah wates way ratai.

Tulisan ini memanfaatkan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan studi lapangan. Wawancara  menjadi sumber primer dan beberapa kajian tentang artikel terkait menjadi sumber sekunder. Adapun hasil tulisan ini adalah dengan metode pembelajaran al quran dan fiqh ibadah yang dilaksanakan oleh mahasiswa, menjadi cara jitu untuk mengimplementasikan nilai moderasi beragama di daerah wates Way ratai

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aisyah. “Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini.” Jurnal pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2017): 118–23.
Claudia, Ajeng. “Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatig.” Jurnal Obsesi 2, no. 2 (t.t.): 143–48.
Fitriyani, Eka, dan Indah Puji Ratnani. “MEMOTIVASI SISWA MENGHAFAL SURAT PENDEK AL-QUR’AN MELALUI "Mystery Motivator.” Jurnal Psikologi 12, no. 1 (2016): 23–31.
Julfaisal, Imam, dan dkk. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN TATA CARA WUDHU DAN SHALAT BERBASIS ANIMASI 3 DIMENSI.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) 7, no. 3 (2018): 1–20.
Kautsar, Muhammad Syakir Al, dan Nurul Mahmudah. “SOCIALIZATION OF THE GRANTING OF INTEGRATION RIGHTS TO NON-HEIRS OF RELIGIOUS MODERATION PERSPECTIVE.” MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama 1, no. 02 (23 Desember 2021): 93–108.
Lail, Jamalul, dan Ari Maulana. “Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan.” Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1, 4 (Januari 2015).
LPM IAIN Sunan Ampel Surabaya. “Modul Pelatihan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Transformatif IAIN Sunan Ampel Surabaya.” LPM IAIN Sunan Ampel, t.t., 1–80.
Maya, Rahendra. “KARAKTER (ADAB) GURU DAN MURID PERESFEKTIF IBN JAMA ’AH AL-SYAFI’I.” Jurnal Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 12 (Juli 2017): 22–43.
Mursalim. “DOA DALAM PERPEKTIF AL-QuR’AN SEKOLAH TINGGI ISLAM NEGERI SAMARINDA.” Jurnal Al-Ulum 11, no. 1 (Juni 2011): 50–80.
Noor, Munawar. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT” 1, no. 2 (Juli 2011).
Sudirman, Deden. “Internalisasi Nilai Kerjasama Pada Kuliah Kerja Mahasiswa Berbasis Participatory Action Research Sebagai Upaya Mewujudkan Kepedulian Sosial.” Jurnal Ilmiah Psikologi 5, no. 1 (2013): 709–30.
Suwartiningsih. “Implementasi PAR Dalam Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pradigma 2 (t.t.): 1–100.

Published

2022-12-31

How to Cite

ANALISIS IMPLEMETASI NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN AL-QURAN DAN FIQH IBADAH PADA MASYARAKAT WATES WAY RATAI. (2022). Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama, 2(2), 38-46. https://doi.org/10.32332/moderatio.v2i2.5758