Peran Kepemimpinan Perempuan Dalam Sistem Ketatanegaraan Pada Pemerintahan Di Kota Metro Perspektif Siyasah Syar'iyyah

Authors

  • Aziza Aziz Rahmaningsih ‎ ‎
  • Elfa Murdiana
  • Umniyatus Selviana

DOI:

https://doi.org/10.32332/siyasah.v2i2.6227

Keywords:

Kepemimpinan Perempuan, Siyasa h syar’iyya h

Abstract

Perempuan menjadi isu yang sering menjadi perbincangan publik. Peran perempuan dalam kehidupan bermasyarakat bukan hanya sebagai proses pembangunan, tetapi juga sebagai fondasi berstruktur kuat,Pemimpin adalah seorang yang memimpin sebuah Wilayah. Di dalam memimpin Wilayah seorang pemimpin harus mempunyai ilmu kepemimpinan. Hasil dari Penelitian menunjukan peran kepemimpina n perempuan di Kecamata n Metro Pusat adalah memberika n pelayana n da n Kebijaka n yang bai k kepada masyarakat sesuai denga n visi-misi Kecamata n Metro Pusat terutama tentang E-service yang memberika n pelayana n secara elektroni k dala m artia n bahwa kecamata n Metro Pusat suda h dapat memberika n pelayana n yang bebas berbasis elektroni k sehingga memudahka n masyarakat untu k mendapatka n pelayana n yang cepat da n tepat yaitu sesuai dengan tujuan Siyasa h syar’iyya h yaitu kepemimpina n yang menuju pada kemaslahata n bai k dunia maupu n di akhirat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi Muhammad bin Mas‟ud al-Baghawi, Syarhus-Sunnah, Darul Kitab Amaliyah, , t.t.
Bahansi, Ahmad Fathi, Al-Siyasah al-jinaiyah fi al-syariat al-Islamiyah, Dar al-‘Arubah, t.t.
Djazuli, Fiqh siyasah Implementasi Kemaslahatan Umat dalam Rambu-rambu Syariah, Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri, 2003.
Farkhani, Hukum Tata Negara, Solo: Pustaka iltizam, 2016.
Ibn Taymiyah, Al-siyasah al syar’iyyah fi ashalah al-Ra’y wa Ra’iy, Dar al-kitab al-‘Arabi, Mesir, tt., 4., t.t.
Imam Syawkani, Naiul Awtar, Darul hadis, 2005
Widya Agesna, “Kedudukan Pemimpin Perempuan dalam perspektif Hukum Islam, Jurnal Pemerintahan dan Politik Islam” Vol. 3, No. 1 (2018)

Published

28-12-2022

How to Cite

Peran Kepemimpinan Perempuan Dalam Sistem Ketatanegaraan Pada Pemerintahan Di Kota Metro Perspektif Siyasah Syar’iyyah. (2022). Siyasah Jurnal Hukum Tatanegara, 2(2), 135-146. https://doi.org/10.32332/siyasah.v2i2.6227