Implementasi Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Era Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar

  • Irfan Irfan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Andi Prastowo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Kharisma Romadhon Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Abstrak


Pembelajaran daring dengan menggunakan media monoton setiap hari dapat mengakibatkan menurunnya tingkat pemahaman siswa karena mengalami kejenuhan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana implementasi aplikasi kahoot dalam meningkatkan pemahaman siswa di era pandemi covid-19 di SD Islam Al-Fahd. Metode yang digunakan ialah kualitatif dan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen dengan teknik analisa melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan data. Hasil penelitian ketika diterapkan aplikasi berbasis kuis tersebut anak-anak semakin antusias baik didalam menyimak materinya ataupun didalam mengerjakan latihan. Dengan demikian bahwa ketercapaian tentang meningkatnya pemahaman siswa itu dapat tercapai dengan baik. Hal ini menunjang proses pembelajaran dengan hadirnya aplikasi tersebut dapat meningkatnya ketercapaian kompetensi-kompetensi yang hendak dicapai. Terjadi perbedaan yang signifikan dengan hadirnya aplikasi tersebut terhadap peningkatan pemahaman siswa dibandingkan dengan sebelum menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini dapat terlihat pada nilai-nilai yang dihasilkan sebelum dan sesudah memakai aplikasi kahoot. Hal lain yang mempengaruhi semangat peserta didik tersebut adalah perolehan rangking nilai tertinggi jadi peserta didik berlomba-lomba untuk dapat memperoleh hasil/nilai yang memuaskan. Adapun kendala yang dihadapi oleh beberapa siswa ialah sinyal yang kurang stabil, PC yang meminta upgrade agar fungsi-fungsi dari PC tersebut berjalan dengan baik dan kurangnya pemahaman orang tua berkenaan dengan penggunaan aplikasi tersebut.


 Kata Kunci: Implementasi, Aplikasi Kahoot, Era Pandemi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-27
How to Cite
IRFAN, Irfan; PRASTOWO, Andi; ROMADHON, Kharisma. Implementasi Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Era Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 63-78, dec. 2022. ISSN 2579-9282. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/elementary/article/view/4867>. Date accessed: 17 june 2024. doi: https://doi.org/10.32332/elementary.v8i2.4867.