Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis HOTS

  • Nurul Afifah Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Sudirin Sudirin Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Asep Yudianto Sekolah Dasar Islam Darul Amin, Indonesia
  • Arifin Dwi Saputra Sekolah Dasar Negeri 1 Sumberagung, Metro Kibang Lampung Timur, Indonesia

Abstract

Fakta di lapangan, pendidikan di Indonesia masih belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Dari hasil survey PISA dan TIMSS sejak keikutsertaan pertama kalinya di tahun 1999 hingga yang terbaru tahun 2015 Indonesia menempati peringkat sepuluh besar terbawah dari seluruh negara yang di suvey. Hal ini menunjukkan bahwa ada masalah besar dalam dunia pendidikan kita, bahwa pendidikan dasar di negara kita belum membekali keterampilan perfikir tingkat tinggi (HOTS) kepada siswa secara memadai, terutama untuk tingkat sekolah dasar. Keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan cara siswa menyelesaikan permasalahan yang komplek. Dengan memiliki keterampilan ini siswa akan siap bersaing di lapangan dengan segala permasalahnnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis hots. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Dengan hasil produk berupa subject specific pedagogy (SSP) Fiqh MI/SDIT yang mengacu pada hasil belajar hots. Atau perangkat pembelajaran fiqh yang terdiri atas silabus, RPP, LKPD dan lembar penilaian. Model penelitian pengembangan ini diadopsi teori Barg and Gall. Sedangkan data-data penelitian diperoleh dari angket kebutuhan, wawancara dan observasi. Selanjutnya data-data yang telah diperoleh dianalisa dengan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini bahwa subject specific paedagogi (SSP) fiqh layak digunakan dengan perbaikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket ahli materi pada aspek kelayakan isi, diperoleh skor rata-rata 3,7 (sangat baik). Aspek materi pendukung/ rujukan pakar atau ahli menilai kelayakannya rata-rata 3,6 (sangat baik). Aspek kelayakan rata-rata 3,5 (baik).Hasil angket ahli instrument silabus memperoleh skor 90 (sangat baik). Instrument RPP memperoleh skor 90 (sangat baik) dan instrument penilaian dengan skor 85 (sangat baik). Pada aspek kesesuaian pemakaian bahasa yang komunikatif, diperoleh skor rata-rata 3,5 (baik). Pada aspek kelayakan desain/ bentuk buku, diperoleh skor rata-rata 3,6 (sangat baik).


Kata kunci: SSP, Fiqh, dan HOTS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-05
How to Cite
AFIFAH, Nurul et al. Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis HOTS. Elementary : jurnal ilmiah pendidikan dasar, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 93-104, may 2022. ISSN 2579-9282. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/4575>. Date accessed: 09 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4575.