Integrasi Kearifan Lokal dalam Pengembangan Bahan Ajar Fikih di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.32332/as6ge946Abstract
Kearifan lokal sebagai salah satu wujud budaya warisan nenek moyang bangsa Indonesia. Pada kearifan lokal terdapat nilai-nilai luhur sebagai pondasi dalam membangun pendidikan karakter generasi penerus bangsa, sehingga layak diintegrasikan dalam berbagai pembelajaran. Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-niai kearifan lokal dalam konteks pengamalan ilmu fikih pada mahasiswa dengan bentuk bahan ajar mata kuliah fikih. Peneliti melakukan penelitian pengembangan bahan ajar dengan penataan ulang bahan ajar fikih yang telah ada berupa perubahan tata letak, penambahan beberapa materi disertai dengan pembahasan kearifan lokal beberapa daerah di Indonesia, penambahan rumusan aspek sikap dan keterampilan pada capaian pembelajaran dan dilengkapi dengan soal-soal latihan penalaran yang melatih mahasiswa berfikir kritis. Berdasarkan hasil validasi ahli dan respon mahasiswa menunjukkan integrasi kearifan lokal dalam bahan ajar fikih di madrasah layak dan menarik untuk digunakan sebagai bahan ajar fikih dan dapat meningkatkan pemahaman masiswa tentang budaya lokal yang terintegrasi dalam mata pelajaran fikih.
Kata kunci : pengembangan bahan ajar; kearifan lokal
References
Abdurrahman al_jaziri. (t.t.). Al-Fiqh ’ala al-Madzahib al-Arba’ah. Mathba’ah al-Istiqomah.
Acim, S. A., & Rahman, R. (2023). Toleransi Beragama Berbasis Kearifan Lokal di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Jurnal Keislaman, 6(1), 78–89. https://doi.org/10.54298/jk.v6i1.3603
Amri, U., Ganefri, G., & Hadiyanto, H. (2021). Perencana Pengembang Dan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2025–2031. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.751
Asriati, N. (t.t.). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Di Sekolah.
Astuti, E. P., & Ismadi, -. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar-Dasar Desain Berbasis Kearifan Lokal Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa. Imaji, 11(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3838
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Erlina, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Qira’ah Terpadu Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(2). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i2.2242
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Fauzan. (4 -6 Mei 20218). Pendidikan Agama, Pancasila, dan Local Wisdom di Pendidikan Tinggi (Analisis Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI. Seminar Nasional Asosiasi Dosen PGMI, Palangkaraya.
Hendra, T., Nur Adzani, S. A., & Muslim, K. L. (2023). Dakwah Islam dan Kearifan Budaya Lokal: Konsep dan Strategi Menyebarkan Ajaran Islam. Journal of Da’wah, 2(1), 65–82. https://doi.org/10.32939/jd.v2i1.2660
Hidayatullah, S. (2020). Gagasan Islam Nusantara Sebagai Kearifan Lokal di Indonesia. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2019.0301-01
Rahayu, T. (2021). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Religius Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2), 163–176. https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.290
Richards. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge University Press.
Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1580–1588. https://doi.org/10.46799/jst.v3i12.655
Saul Mcleod, Ph.D. (2024). Piaget’s Theory And Stages Of Cognitive Development. https://www.simplypsychology.org/piaget.html#Piagets-Theory
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tanjung, A., & Fahmi, M. (2015). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi : Kajian, Teori dan Praktik dalam Bidang Pendidikan dan Geografi, 20(01). https://citeus.um.ac.id/jpg/vol20/iss1/3?utm_source=citeus.um.ac.id%2Fjpg%2Fvol20%2Fiss1%2F3&utm_medium=PDF&utm_campaign=PDFCoverPages
Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Milenial. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.35905/almaarief.v4i1.2518
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.