Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Seni Budaya dan Prakarya Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal
DOI:
https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.5744Abstract
Abstrak
Budaya lokal merupakan identitas yang memiliki nilai luhur bagi suatu masyarakat. Nilai-nilai tersebut dapat ditransformasikan melalui berbagai media. Salah satu media yang dapat digunakan, yaitu lembar kerja peserta didik (LKPD). Media tersebut diharapkan menjadi alat bantu yang dapat mengenalkan budaya lokal pada peserta didik dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar sesuai karakteristik kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik, menganalisis kelayakan, dan menganalisis respon pendidik dan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis budaya lokal pada materi seni rupa peserta didik kelas III SD Nurul Huda Islamic School. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan wawancara, dokumentasi, angket. Adapun teknis analisis data yang digunakan analisis kelayakan media, analisis respon guru dan peserta didik. Hasil penelitain dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik Seni Budaya dan Prakarya sekolah dasar/madarasah ibtidaiyah berbasis budaya lokal sebagai media pembelajaran peserta didik kelas III sangat layak digunakan. Hal tersebut diperoleh berdasarkan persentase hasil validasi dan uji coba produk. Hasil persentase yang diperoleh masing-masing diantaranya yaitu ahli media sebesar 98,3%, ahli materi sebesar 95%, respons guru sebesar 95%, respons peserta didik sebesar 97,6%, dan semua hasil termasuk kategori “Sangat layak”.
Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), SBdP, Budaya Lokal
References
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 191–202. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Anufia, B., & Alhamid, T. 2019. Instrumen pengumpulan data. osf.io, 1-20. 10.31227/osf.io/s3kr6
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Boimau, S., Tukan, M. B., Lawung, Y. D., & Boelan, E. G. (2022). Pengembangan LKPD dengan Memanfaatkan Indikator Alami Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Titrasi Asam Basa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 374–380. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.45
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.
https://doi.org/https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fitri, E., Febrian, F., & Tambunan, L. R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Materi Segiempat Kelas VII SMP/MTS. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 1355–1363.
Fitriani, A., Sudirman, S., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Melalui Pendekatan Discovery Learning Berbasis Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 32 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 585–592.
https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.534
Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47566
Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan matematika realistik. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 40–55. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5
Husni, M., Hadi, Y. A., Jauhari, S., & Huri, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Student Centerd Learning (SCL) Pada Kelas V SDN 1 Ketangga. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 294–303. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3045
Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, ISBN: 978-602-6779-47-2, 127–134. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/issue/view/12
Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(05), 148–156. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69
Komalasari, K., & Rahmat. (2019). Living values based interactive multimedia in Civic Education learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a
Lestari, I. (2015). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajaranak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).
https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.261
Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 344. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574
Nadzir, H. (2023). E-Modul Menggunakan Model Hannafin and Peck pada Mata Pelajaran Seni Budaya. 3(1), 47–55. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.58570
Ngali, M., & Purwanto, M. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nugraha, J., -, S., & -, M. (2021). Pengembangan Modul Seni Musik Berbasis Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Musik pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Siswa Sekolah Dasar. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(2), 189. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i2.13830
Pratama, D. P. A., & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran hHandout Digital Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 15–28. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25327
Prihastari, E. B., & Widyaningrum, R. (2020). Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Surakarta di Kecamatan Banjarsari. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1a), 160–166.
https://doi.org/https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1a.3853
Setyawati, Y., Septiani, Q., Ningrum, R. A., & Hidayah, R. (2021). Imbas Negatif Globalisasi terhadap Pendidikan di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 306–315. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1530
Shofiya, S., & Sartika, S. B. (2020). Peran guru IPA SMP sebagai Fasilitator dalam Kegiatan Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 112–117. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.28566
Siskalia, S., Pargito, P., & Sowiyah, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Budaya Lokal Provinsi Lampung. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(19), 1–9. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14359/0
Soehardjo, A. . 2015. Pendidikan Seni Strategi Pelaksanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran Seni. Yogyakarta: Banyumedia.
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Srirahmawati, I. (2021). Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Mengasah Penalaran Matematika Siswa SDN 29 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 114–123. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.40
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulianto, J., Sunardi, S., Anitah, S., & Gunarhadi, G. (2019). Analisis Implementasi Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Pengembangan Model Advance Organizer Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Penalaran Siswa. International Journal of Elementary Education, 3(4), 396–403. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21312
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1256–1268. https://doi.org/https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.233
Tegeh, M., & Jampel, N. (2017). Metodeogi Penelitian Pengembangan Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yulianti, D., Rochmiyati, R., Pramudiyanti, P., & ... (2022). Workshop Implementasi LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal …, 3(September), 54–59.
https://sinergi.lppm.unila.ac.id/index.php/jsi/article/view/42%0Ahttps://sinergi.lppm.unila.ac.id/index.php/jsi/article/download/42/40