Penurunan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19

Authors

  • Siti Annisah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Suhendi Suhendi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Atin Supriatin Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Siti Masfi’ah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Lampung Timur

DOI:

https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3745

Abstract

Abstract

Online learning carried out during the COVID-19 pandemic has caused a decline in the ability to understand mathematical concepts for elementary school students. The purpose of this study is to describe how online learning causes a decrease in the ability to understand concepts. This research is a qualitative descriptive study involving 26 students and a class VI MIN 4 East Lampung teacher. Data collection techniques using interviews and documentation. The data analysis technique was carried out through three stages, namely reduction, display, and data verification. The results of this study indicate that the decline in the ability to understand mathematical concepts in elementary school students is influenced by the application of online learning, including limited student meetings with teachers directly, interaction between students and teachers who are not optimal, lack of student learning assistance, lack of independence of students studying at home, and characteristics of mathematics learning. Thus, online learning has a negative impact and hinders the improvement of elementary students' mathematical abilities

Keywords: Understanding of mathematical concepts, mathematical ability, online learning, Covid-19

 

Abstrak

Pembelajaran online yang dilaksanakan selama masa pendemi covid-19 telah menyebabkan terjadinya penurunan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pembelajaran online menyebabkan terjadinya penurunan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif yang melibatkan 26 siswa dan seorang guru kelas VI MIN 4 Lampung Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi, display, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya penurunan kemampuan  pemahaman konsep matematis pada siswa sekolah dasar dipengaruhi oleh penerapan pembelajaran online, diantaranya terbatasnya pertemuan siswa dengan guru secara langsung, interaksi siswa dengan guru yang tidak maksimal, kurangnya pendampingan belajar siswa, kurangnya kemandirian siswa belajar di rumah, dan karakteristik pembelajaran matematika. Dengan demikian, pembelajaran online memberi dampak negatif dan menghambat peningkatan kemampuan matematis siswa SD.

Kata kunci: Pemahaman konsep matematis, kemampuan matematis, pembelajaran online, Covid-19.

References

Asril, Citra Meisarah, Muhajiratul Haq Suburan, Reza Renaldy, and Wulandari Wulandari, ‘Dampak Covid-19 Pada Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Anggeraja’, Journal Lepa-Lepa Open, 1.312–319 (2021) <https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/17492>
Belawati, Tian, Pembelajaran Online (Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2019) <https://www.researchgate.net/profile/Tian-Belawati/publication/338447611_Pembelajaran_Online/links/5ff3da98299bf14088701a78/Pembelajaran-Online.pdf>
Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, Sari Puteri, Deta Larasati, Universitas Islam, Negeri Sunan, and others, ‘Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19’, IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3.01 (2020), 123–40 <https://journal.ptiq.ac.id/index.php/iq/article/view/57/47>
Gularso, Dhiniaty, Hadna Suryantari, Henry Aditia Rigianti, and Martono, ‘Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Anak Usia Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7.1 (2021) <https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15890>
Hartati, Sri, Ilham Abdullah, and Saleh Haji, ‘Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah’, 2.1 (2017), 43–72
Huzaimah, Pipip Zulfa, and Risma Amelia, ‘Hambatan Yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19’, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5.1 (2021), 533–41 <https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537>
Izzatunnisa, Lita, Ade Suryanda, Anisa Siti Kholifah, Cynthia Loka, Peralihan Pertiwi Idea Goesvita, Priscila Sindy Aghata, and others, ‘Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Dalam Proses Belajar Dari Rumah’, Jurnal Pendidikan, 9.7–14 (2021) <https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811>
Kompas.com, ‘Karena Covid-19, Keahlian Matematika Siswa Terhambat’, Kompas.Com, 2020 <https://www.kompas.com/global/read/2020/12/01/200055770/karena-covid-19-keahlian-matematika-siswa-terhambat?page=all>
Magdalena, Ina, Dea Kiki Yestiani, and Puspitasari, ‘Rendahnya Perkembangan Mutu Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Adanya Pembelajaran Online’, EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2.2 (2020), 292–305 <file:///C:/Users/PERSONAL/AppData/Local/Temp/1022-Article Text-2309-1-10-20210119.pdf>
Nusantara, ‘Solusi Atasi Kendala Belajar Matematika Secara Daring’, Mediaindonesia.Com, 2020 <https://mediaindonesia.com/nusantara/366448/solusi-atasi-kendala-belajar-matematika-secara-daring>
PendidikanFajar, ‘Siswa Keluhkan Kesulitan Pelajaran Matematika Dengan Belajar Daring’, Fajar Pendidikan.Co.Id, 2021 <https://www.fajarpendidikan.co.id/siswa-keluhkan-kesulitan-pelajaran-matematika-dengan-belajar-daring/>
Purwoko, ‘Teori Belajar Gagne’, Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar, 2003, 1–27
Putra, Kukuh Pambuka, Theresia Pratiwi Elingsetyo Sanubari, and Theresita Febriane Manggena, ‘Pengaruh Intensitas Bermain Game Terhadap Tingkat Kognitif (Kecerdasan Logika-Matematika) Usia 8-9 Tahun’, Satya Widya, 33.2 (2017), 146–53 <https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p146-153>
Putri, Zunita, ‘Survei Kemdikbud: Siswa Sulit Pahami Pelajaran Saat Belajar Jarak Jauh’, DetikNews, 2020 <https://news.detik.com/berita/d-5108510/survei-kemdikbud-siswa-sulit-pahami-pelajaran-saat-belajar-jarak-jauh>
Rozalia, Maya Ferdiana, ‘Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 5.2 (2017), 722–31
Suherman, Eman, and Dkk, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Bandung: JICA UPI, 2003)
Suwandi, ‘Susahnya Anak Baru Masuk SD Belajar Gunakan Daun Untuk Belajar Matematika’, Compas.Com (Jambi: Kompas.com, 2020) <https://regional.kompas.com/read/2020/10/02/10454991/susahnya-anak-baru-masuk-sd-belajar-online-guru-sampai-gunakan-daun-untuk?page=all>
Tasaik, Hendrik Lempe, and Patma Tuasikal, ‘Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi’, Metodik Didaktk, 14.1 (2018), 45–55 <https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/11384>
Thoifuri, Menjadi Guru Inspirator (Semarang: RaSAIL Media Group, 2008)
Trianggono, Mochammad Maulana, ‘Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika’, Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3.1 (2017), 1 <https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874>
Wiryanto, ‘Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19’, Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6.2 (2020) <https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/9352>

Downloads

Published

2021-11-03