Analisis Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Dwi Safitri Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Siti Annisah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Cici Lutvi Astuti Sekolah Dasar Negeri 2 Wonokarto

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7805

Abstract

Motivasi belajar sebagai faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran sering diabaikan. Pengabaian motivasi belajar siswa tersebut juga dikarenakan guru mempunyai tugas yang sangat banyak dalam mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran, sehingga hanya mempunyai waktu yang terbatas dan kesulitan dalam memahami motivasi belajar yang dimiliki oleh siswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Wonokarto dan upaya guru dalam memotivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menentukan persentase terlebih dahulu yang kemudian diukur dengan standart intepretasi. Data hasil wawancara dianalisis dengan melakukan reduksi data, display data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Wonokarto memiliki motivasi yang tinggi. Hal tersebut dapat diketahui bahwa   58% siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, dan 42% siswa memiliki motivasi belajar yang sedang dan rendah. Sementara itu, upaya guru dalam memotivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wonokarto adalah dengan cara memberikan hadiah, memberikan dorongan/semangat dan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat.

Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika Sekolah dasar, Strategi Pembelajaran Matetmatika


References

Abdullah, E. (2019) ‘Home Visit Oleh Guru Atau Wali Kelas Dan Motivasi Belajar Siswa’, Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 3(2), p. 142. Available at: https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v3i2.41208.
Aldrian, A.I.A. et al. (2020) ‘POCITA: Mengenalkan Cita-Cita dan Lingkungan Sejak Dini’, ABDINUS : JurnalPengabdian Nusantara, 3(2), pp. 181–186. Available at: https://doi.org/10.29407/ja.v3i2.13049.
Annisah, S. et al. (2021) ‘Penurunan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19’, Elementary: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), pp. 201–212. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3745.
Annisah, S. and Masfiah, S. (2021) ‘Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 1(1), pp. 61–70. Available at: https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i1.2812.
Chang, Y.-C. and Tsai, Y.-T. (2022) ‘The Effect of University Students’ Emotional Intelligence, Learning Motivation and Self-Efficacy on Their Academic Achievement-Online English Courses’, Frontiers in Psychology, 13. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.818929.
Emda, A. (2018) ‘Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran’, Lantanida Journal, 5(2), p. 172. Available at: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838.
Firmansyah, F. (2021) ‘Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), pp. 589–597. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.355.
Friantini, R.N. and Winata, R. (2019) ‘Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika’, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), pp. 6–11. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/326447327.pdf.
Guo, X. et al. (2023) ‘Perceived parenting style and Chinese nursing undergraduates’ learning motivation: The chain mediating roles of self-efficacy and positive coping style’, Nurse Education in Practice, 68. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nepr.2023.103607.
Harackiewicz, J.M., Smith, J.L. and Priniski, S.J. (2016) ‘Interest Matters: The Importance of Promoting Interest in Education’, Policy Insights Behav Brain Sci, 3(2), pp. 220–227. Available at: https://doi.org/10.1177/2372732216655542.
Hidayat, P.W. and Widjajanti, D.B. (2018) ‘Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL’, Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), pp. 63–75. Available at: https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167.
Indaryati, I. and Jailani, J. (2015) ‘Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V’, Jurnal Prima Edukasia, 3(1), pp. 84–96. Available at: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067.
Indriani, A. (2016) ‘Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora’, JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), p. 134. Available at: https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.848.
Khoirunnisa, K. and Ulfah, S. (2021) ‘Profil Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), pp. 2238–2245. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.831.
Minsih, M. et al. (2020) ‘Pembelajaran Bagi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar’, DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), p. 133. Available at: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41130.
Muawanah, E.I. and Muhid, A. (2021) ‘Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review’, Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). Available at: https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311.
Nuraini, N.L.S. and Laksono, W.C. (2019) ‘Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika’, Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(2), pp. 115–124. Available at: https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p115.
Nurwahid, M. (2021) ‘Korelasi antara Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), pp. 1127–1137. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.596.
Oktiani, I. (2017) ‘Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik’, Jurnal Kependidikan, 5(2), pp. 216–232. Available at: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.
Prananda, G. et al. (2021) ‘The COVID-19 Pandemic Impact on Elementary Students Online Learning Motivation’, Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 7(2), pp. 153–160.
Pratama, A.P. (2021) ‘Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD’, Maha Guru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), pp. 88–95.
Putriana, C. and Noor, N.L. (2021) ‘Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa’, MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1). Available at: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1642.
Rahmadhani, S.E. and Masfiah, S. (2023) ‘Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Lampung Timur’, Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), pp. 55–62. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.6465.
Rahman, S. (2021) ‘Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, pp. 289–302. Available at: https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/viewFile/1076/773.

Rofiatun Nisa’ and Eli Fatmawati (2020) ‘Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik’, IBTIDA’, 1(2), pp. 135–150. Available at: https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.147.
Saputro, K.A., Sari, C.K. and Winarsi, S. (2021) ‘Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(4), pp. 1735–1742. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992.
Saragih, A. (2019) ‘Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan Di Sekolah Dasar’, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), pp. 213–220. Available at: https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.457.
Utari, D. and Putra, E.D. (2021) ‘Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri’, Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), pp. 491–502. Available at: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1015.
Wardani, K.W. and Setyadi, D. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), pp. 73–84. Available at: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84.
Warti, E. (2018) ‘Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), pp. 177–185. Available at: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273.
Wibowo, E.W. (2020) ‘Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Tahun Ajaran 2018/2019’, DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), p. 52. Available at: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.39291.
Yuliany, N. (2018) ‘Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Sdn Emmy Saelan Makassar’, AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), p. 126. Available at: https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a1.2018.

Published

2023-12-26