Analisis Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Dwi Safitri Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Siti Annisah Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Cici Lutvi Astuti Sekolah Dasar Negeri 2 Wonokarto

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v9i2.7805

Abstract

Motivasi belajar sebagai faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran sering diabaikan. Pengabaian motivasi belajar siswa tersebut juga dikarenakan guru mempunyai tugas yang sangat banyak dalam mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran, sehingga hanya mempunyai waktu yang terbatas dan kesulitan dalam memahami motivasi belajar yang dimiliki oleh siswanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Wonokarto dan upaya guru dalam memotivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menentukan persentase terlebih dahulu yang kemudian diukur dengan standart intepretasi. Data hasil wawancara dianalisis dengan melakukan reduksi data, display data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Wonokarto memiliki motivasi yang tinggi. Hal tersebut dapat diketahui bahwa   58% siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, dan 42% siswa memiliki motivasi belajar yang sedang dan rendah. Sementara itu, upaya guru dalam memotivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wonokarto adalah dengan cara memberikan hadiah, memberikan dorongan/semangat dan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat.

Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika Sekolah dasar, Strategi Pembelajaran Matetmatika


Published

2023-12-26

Most read articles by the same author(s)