Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Capcut terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu

Authors

  • Aida Rahmi Nasution Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Tika Meldiana Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Nurlaila Rabby Radhiyya Primary Education School
  • Atin Supriatin Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9099

Abstract

Minat memberi pengaruh signifikan dalam menentukan keberhasilan belajar dan juga berpotensi untuk menumbuhkan emosi positif yang mensitimulus terciptanya kondisi nyaman bagi siswa ketika menjalankan proses pembelajaran.  Riset ini berfokus untuk mengilustrasikan: (1) Perbedaan minat belajar siswa menggunakan media audio isual berbasis Capcut dengan pembelajaran konvensional; (2) Pengaruh media audio isual berbasis Capcut terhadap minat belajar siswa kelas. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif berbasis true experimental design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dengan teknik analisis meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan uji t (independent sample tes dan paired sample tes). Temuan penelitian menunjukkan; (1) Terdapat perbedaan minat belajar siswa kelas eksperimen dengan mean 105,87 dan kelas kontrol dengan mean 92,93 dimana >  dengan sig. 0,006<0,05, maka Ha diterima (kelas kontrol dan eksperimen memiliki perbedaan minat belajar). (2) Hasil uji t paired sample t-tes dimana mean 79,73 sebelum treatment dan sebesar 105,87 setelah treatment dimana >  dengan sig. 0,0000<0,0005, maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan media terhadap peningkatan minat belajar siswa setelah  treatment pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa aplikasi media visual berbasis Capcut dapat meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan.

Kata Kunci: Media Pembelajaran; Minat Belajar; Sekolah Dasar

Published

2024-06-30

Most read articles by the same author(s)