Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Capcut terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9099Abstract
Minat memberi pengaruh signifikan dalam menentukan keberhasilan belajar dan juga berpotensi untuk menumbuhkan emosi positif yang mensitimulus terciptanya kondisi nyaman bagi siswa ketika menjalankan proses pembelajaran. Riset ini berfokus untuk mengilustrasikan: (1) Perbedaan minat belajar siswa menggunakan media audio isual berbasis Capcut dengan pembelajaran konvensional; (2) Pengaruh media audio isual berbasis Capcut terhadap minat belajar siswa kelas. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif berbasis true experimental design. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dengan teknik analisis meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan uji t (independent sample tes dan paired sample tes). Temuan penelitian menunjukkan; (1) Terdapat perbedaan minat belajar siswa kelas eksperimen dengan mean 105,87 dan kelas kontrol dengan mean 92,93 dimana > dengan sig. 0,006<0,05, maka Ha diterima (kelas kontrol dan eksperimen memiliki perbedaan minat belajar). (2) Hasil uji t paired sample t-tes dimana mean 79,73 sebelum treatment dan sebesar 105,87 setelah treatment dimana > dengan sig. 0,0000<0,0005, maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan media terhadap peningkatan minat belajar siswa setelah treatment pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa aplikasi media visual berbasis Capcut dapat meningkatkan minat belajar siswa secara signifikan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran; Minat Belajar; Sekolah Dasar
References
Akuba, M., & Uno, W. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SDN 15 Tilamuta Kabupaten Boalemo. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 945–951. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm
Arsyad, Azhar. (2019) Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Anik Sugiani, K. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Berbasis Game Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smk Di Buleleng. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2), 457–474. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.770
Basyirudin asnawir, Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
Cahyani, I. D., Afifah, U. U. N., & Utami, N. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernafasan Kelas V SD. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 815–822. https://mail.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/861/593
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Edisi Keempat, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hanifah, U., & Zulminiati, Z. (2024). Pengaruh Vidio Pembelajaran Capcut Terhadap Kemampuan Matematika Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak ABA NUSTIM. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 17679–17686. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i2.14891
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. 2021. Media Pembelajaran. Sukoharjo: Tahta Media Group.
Hidayah, L. F., & Fahmi, M. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ips. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 4(02), 17–35. https://doi.org/10.30599/utility.v4i02.1153
Ispratiwi Tiwi, D., & Mellisa. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi CapCut Pada Mata Kuliah Kultur Jaringan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(1), 39–45. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipb/article/view/19161
Kruschke, J. K. (2008). Bayesian approaches to associative learning: From passive to active learning. Learning and Behavior, 36(3), 210–226. https://doi.org/10.3758/LB.36.3.210
Rahmi, L., & Alfurqan. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 580–589. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2671
Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Semiawan, Conny. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Sugini, E. H. N., & Basit, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Alimuddin Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 28–31. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14616
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryaman, S., & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon dan Capcut untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 841–850. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2575
Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 372–380. https://doi.org/10.30738/tc.v3i2.5210
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.