Model Bahan Ajar Bahasa Arab Sekolah Dasar Islam di Kota Malang

(Principle Analysis dalam buku Takallum Bil ‘Arobiyyah)

Authors

  • Umi Machmudah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i02.1284

Keywords:

Buku Takallum Bil ‘Arobiyyah, Prinsip Kemendiknas, Thu’aimah

Abstract

Kemendiknas telah menyediakan buku ajar mulai jenjang SD/MI hingga SMA/ MA, termasuk bahasa Arab. Namun penggunaan satu sumber juga tidak dianjurkan. Penelitian (Machmudah, 20011) menunjukkan adanya kesenjangan dalam bahan ajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari sisi prinsip gradasi. Sementara dalam rangka merealisasikan salah satu program unggulannya “we can speak” Sekolah Dasar Islam (SDI) Sabilillah Malang mengemmbangkan bahan ajar “Takallum bil ‘Arobiyyah” Al Mustawa Al I’daadi Al Awwal kelas I cetakan kedua 2017 oleh Nur Chasan S.Pd. Dengan pendekatan konten, penelitian kualitatif ini bertujuan menemukan penerapan prinsip- prinsip penyusunan bahan ajar degan standart Kemendiknas 2006 dan 2008a (Nasional) serta standar Thu’aimah (Internasional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku diatas disusun sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar yang baik standart Kemendiknas 2006, 2008a yakni prinsip relevansi, konsistensi, kecukupan, gradasi (mudah sulit, konkrit abstrak) dan pengulangan. serta standart Thu’aimah 1989 yakni prinsip valid, kebermaknaan (utility), kecenderungan dan perhatian, layak dipelajari (learn abiity) dan global.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-12-2018

How to Cite

Model Bahan Ajar Bahasa Arab Sekolah Dasar Islam di Kota Malang: (Principle Analysis dalam buku Takallum Bil ‘Arobiyyah). (2018). An Nabighoh, 20(02), 202-221. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i02.1284

Most read articles by the same author(s)