REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI

Sebuah Tantangan dan Harapan

  • M Ihsan Dacholfany Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pendidikan Islam yang mendapat berbagai tantangan krusial di era globalisasi. Pendidikan Islam menempati posisi yang penting dalam kehidupan globalisasi, sebab globalisasi itu sendiri mempunyai pengaruh positif dan negatif pada pendidikan Islam. Untuk itu, reformasi pendidikan Islam dapat mengupayakan membangkitkan kembali visi pendidikan Islam yang lebih baik untuk membangun dan meningkatkan mutu manusia dan masyarakat Muslim di era globalisasi dengan tetap merujuk kepada al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai sumber ajarannya. Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan reformasi pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi. Data dalam tulisan ini merupakan data kepustakaan yang yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa globalisasi dapat menjadi peluang dan menjelma sebagai tantangan bagi pendidikan Islam. Arus globalisasi bukan lawan atau kawan bagi pendidikan Islam, melainkan sebagai dinamisator. Jika pendidikan Islam mengambil posisi anti global, maka akan stagnan tidak bergerak dan pendidikan Islam akan mengalami penghambatan intelektual. Sebaliknya bila pendidikan Islam terseret oleh arus global, tanpa daya identitas keislaman sebagai sebuah proses pendidikan akan dilindas. Maka pendidikan Islam harus memposisikan diri dengan menakar arus global, dalam arti yang sesuai dengan pedoman dan ajaran nilai-nilai Islam agar bisa direformasi, diadopsi dan dikembangkan.
 
This writing discusses about islamic education which gets some crusial challenges in globalization era. Islamic teaching plays important role in globalization. Since globalization itself has possitive also negative in islamic teaching and training. Thus, reformation of islamic teaching could strive for raising better vision of islamic teaching for building and upgrading quality of human being and moslem society in globalization that ought to refer to both Al Koran and Al Hadith as source of its teaching. The goal of this current research is to describe reformation of islamic teaching in facing globalization. Data of this paper is literature fact which is analyzed through descriptive. The result of this writing shows that globalization can be opportunity and also challenge for islamic teaching. The stream of globalization is not an opponent or companion for islamic teaching, on the other hand being as motivator. If islamic teaching takes position non global, it will not move and it will undergo blocking of intellectual. On the contrary, if islamic teaching involves to globaliztion era, islamic identities will be gone. Thus, islamic teaching ought to take part to measure globalization era, it means by oreintation and values of islamic teaching in order to could be reformed, adopted and developed.

Downloads

Download data is not yet available.

References

al-Bukhari dalam Kitabul Jana`iz, Bab Ma Qila fi Auladil Musyrikin, dan Bab Idza Aslamash Shabiyyu fa Mata hal Yushalla ‘alaihi. Dan Muslim dalam Kitabul Qadar, Bab Ma’na Kullu Mauludin Yuladu ‘alal Fithrah.
Al-Djamali, Fadhil, Menerebas Krisis Pendidikan Dunia Islam, Jakarta: PT. Golden Terayon Press, 1993
Ali, A. Mukti., Ijtihad, Dalam Pandangan Muhammad abduh, Ahmad Dahlan dan Muhammad Iqbal, Jakarta: Bulan Bintang 1990
Asrohah, Harun., Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999 Azizy Qodri, Melawan Globalisasi, Reinterpretasi Ajaran Islam, 2003
Azra, Azyumardi., Pendidikan Islam: Transisi dan Modernisasi Menuju Milinium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2000
Bakar, M Yunus Abu., Pengaruh Paham liberal dan Neoliberal terhadap Pendidikan Islam di Indonesia, Ponorogo: Darussalam, 2012
Danim, Sudarman., Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
Daulay, Haidar Putra., Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2007
Ensiklopedi Islam, Jakarta: Penerbit Ichtiar Baru Van Hoeve, 1986
Esposito, John L. Ensiklopedi Oxford, Dunia Islam Modern, (terj.), Bandung: Penerbit Mizan, 2001
Fadjar, A. Malik., Visi Pembaharuan Pendidikan Islam, Jakarta: LP3NI. 1998 Faisal, Jusuf Amir. Reorientasi Pendidikan Islam, Gema Insani Press, Jakarta, 1995 Gibb, HAR. Modern Trends In Islam, New York: Octagon Book, 1978
Hidayat, Komaruddin., Agama Masa Depan: Perspektif Filsafat Perennial, Jakarta: Paramadina, 1995
Ja’far, Syah Idris Ahmad Farid., (ed), Perspektif Muslim Tentang Perubahan Sosial, Terjemahan, Budiman: Bandung. 1988
Jasin, Anwar., “Kerangka Dasar Pembaharuan Pendidikan Islam: Tinjauan Filosofis”,
Makalah Seminar Nasional, Jakarta, 1985
Kuntowijoyo, Pengantar Ilmu Sejarah, Yogyakarta: Yayasan Bintang Budaya, 1995 Locke, John, Some Thoughts Concerning Education, 1963
Lubis, M. Solly, Umat Islam Dalam Globalisasi, Jakarta: Gema Insani Press. 1997
Muhadjir, Noeng., “Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam Dalam Persepektif Modern” Makalah Seminar Internasional Modernisasi Pendidikan Islam, Sistem Metodologi dan Materi di Pondok Modern Gontor, 31 Agustus 1996
Mulyasa, Dedi., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Rosda, 2007 Nata, Abuddin., Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: Angkasa, 2003
Qodri, Azizy., Melawan Globalisasi, Reinterpretasi Ajaran Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003
Qomar, Mujamil, Epistemologi Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga, 2005
Siradj, Sa’id Aqiel., Khazanah Pemikiran Islam dan Peradaban Modern: Pesantren Masa Depan, Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren, Bandung: Pustaka Hidayah, 1999
Soroyo, Antisipasi Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial, Tiara Wacana, Yogya, 2000 Tafsir, A., Cakrawala Penididikan Islam, Bandung: Mimbar Pustaka, 2004
Tafsir, Ahmad., Filsafat Umum, Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra, Bandung: Rosda, 2008
Tilaar, H.A.R. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Islam dalam Perspektif Abad 21, Magelang: Tera Indonesia, 1998
Usa, Muslim., Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta, Tiara Wacana, Yogyakarta, 1991
Yusril Ihza Mahendra, “Studi Islam di Timur dan Barat dan Pengaruhnya terhadap Pemikiran Islam Indonesia”, Jurnal Ulumul Qur’an, No. 3 Vol. 5 Tahun 1994
Jurnal, Laman dan Web
Antara News, diakses pada tanggal 30 April 2014 http://birokrasi.kompasiana.com, diakses tanggal 2 Januari 2014
http://kamusbahasaindonesia.org/reformasi/mirip, diakses tanggal 20 Desember 2014
http://nasional.kompas.com, diakses tanggal 2 Januari 2014., http://pendis.kemenag.go.id, diakses pada tanggal 28 Desember 2014 http://pjjpgsd.dikti,, diakses pada tanggal 5 September 2014. http://www.merdeka.com, diakses tanggal 2 Januari 2014
http://www.uny.ac.id/berita/uny, diakses tanggal 29 Desember 2014
Khamami Zada, “Orientasi Studi Islam di Indonesia Mengenal Pendidikan Kelas Internasional di Lingkungan PTAI”, Istiqro: Jurnal Penelitian Direktorat Perguruan
Tinggi Agama Islam, Dirjen Kelembagaan Agama Islam RI, Vol, VI/No. O2/2003, Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia, 2003
Republika, diakses pada tanggal 28 April 2014
Published
2015-04-14
How to Cite
DACHOLFANY, M Ihsan. REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 173-194, apr. 2015. ISSN 2356-2420. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/441>. Date accessed: 01 aug. 2021.