Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Paud Di Kecamatan Sekampung Lampung Timur

Authors

  • Alimudin Alimudin Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Nihwan Nihwan Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Edo Dwi Cahyo Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/dedikasi:%20jurnal%20pengabdian%20masyarakat.v5i2.7548

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD.

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan sistem baru yang diterapkan pada seluruh jenjang pendidikan. Implementasi kurikulum ini masih perlu pemahaman dan penyesuaian di lapangan. Dengan demikian program kegiatan pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa dilaksanakan dengan tema “Implementasi  Kurikulum Merdeka  Di Lembaga PAUD” bagi guru-guru yang ada di kecamatan sekampung Kabupaten Lampung timur.  Tujuan pelatihan ini untuk memberikan  pelatihan kepada guru tentang implementasi Kurikulum merdeka di lembaga PAUD. Pelaksanaan Pengabdian ini dilakukan dari tanggal 12 sampai dengan 13 Juli 2023.  Materi yang disampaikan pada pelatihan ini ada dua yaitu : (1). Refleksi kurikulum dan (2). merancang pembelajaran pada kurikulum merdeka. materi merancang pembelajaran kurikulum membahas tentang Tujuan pembelajaran (TP), Alur tujuan Pembelajaran (ATP), dan Pengorganisasian pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan tiga tahapan kegiatan yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pelatihan ini para guru mampu merancang pembelajaran dari Memahami Capaian pembelajaran, Membuat Tujuan Pembelajaran dan Membuat Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Yogi, Dion Ginanto, Nisa Felicia, Ardanti Andiarti, Indriyati Herutami, dan Leli Alhapip. 2022. “Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.”
Arifin, Muhammad, Uun Ahmad Aaehu, Enny Rahayu, Ismail Saleh Nasution, Jamila Jamila, Sri Wahyuni, dan Riyan Taufika. 2020. Modul Kurikulum dan Pembelelajaran. Medan: Umsu Press.
BSKAP, BSKAP. 2022. Surat keputusan BSKAP 033/H/KR/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek No. 008/H/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Paud, Jenjang Dikdas, dan Jenjang Dikmen Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: BSKAP.
Cahyaningrum, Dayati Erni, dan Diana Diana. 2023. “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(3):2895–2906. doi: 10.31004/obsesi.v7i3.4453.
Finka, Andrean. 2023. “Jumlah Sekolah di Indonesia 2023.” indonesiabaik.id.
Indonesia, Pemerintah. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”
Kemdikbud, Kemdikbud. 2022. “Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.”
Kemdikbud, Pengelola Web. 2023. “Kurikulum Merdeka, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa.” Kemdikbud.
Sriandila, Regil, Dadan Suryana2, dan Nenny Mahyuddin. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan.” Journal on Education 5(2).
Tenri Ampa, Andi, dan Sri Sufliati Romba. 2023. “Pelatihan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru-guru PAUD.” Madaniya 4(1).
Widyastuti, Ana. 2022. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD.” REFEREN 1(2):189–203. doi: 10.22236/referen.v1i2.10504.

Downloads

Published

03-10-2023

How to Cite

Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Paud Di Kecamatan Sekampung Lampung Timur. (2023). DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 126-133. https://doi.org/10.32332/dedikasi: jurnal pengabdian masyarakat.v5i2.7548